Menhub: Mobilitas Angkutan Logistik via Laut Naik 70% Sebulan Terakhir

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 13:21 WIB
Jakarta -

Menteri Pehubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan adanya kenaikan pergerakan angkutan logistik via laut Indonesia. Berdasarkan laporan Pelindo dan Pelni, mobilitas logistik naik hingga 70 persen dalam satu bulan terakhir

"Yang menggembirakan adalah bahwa perintah dari Presiden kita harus melaksanakan pergerakan logistik dengan baik," ujar Budi Karya Sumadi kepada wartawan di Terminal Penumpang Nusantara Tanjung Priok, Selasa (11/5/2021).

"Dari Laporan yang kami terima Pelindo dan Pelni, pergerakan laut itu naik 70 persen dalam satu bulan terakhir. Bahkan angkutan (logistik) balik yang tidak begitu naik, juga naik 30 persen," jelas Budi.

Menurutnya pergerakan angkutan logistik lewat laut dinilai sangat positif. Bahkan pergerakan logistik internasional terhitung mulai Januari sampai Maret 2021 pun mengalami kenaikan dibanding Januari hingga Maret tahun lalu.

"Bahkan Januari sampai Maret, pergerakan internasional dibanding tahun lalu, Januari sampai Maret yang kita tahu tahu lalu belum terjadi COVID dan skrng COVID, itu naik 6 persen itu artinya pergerakan logistik baik," kata Budi.

"Artinya ini sangat positif apa yang diperintahkan presiden dapat dijalankan dengan baik," tambahnya.

Selanjutnya Budi memerintahkan agar pelayanan terhadap pergerakan logistik dapat berjalan dengan baik tidak hanya pelayanan penumpang.

"Oleh karenanya ini saya minta ditingkatkan kepada semua stakeholders memberikan pelayanan tidak saja kepada penumpang tapi juga logistik. Kita tahu bahwa logistik penting untuk memberikan suatu ruang bagi pertumbuhan indonesia menjadi baik," ungkapnya.

(aud/aud)