Menhub Tinjau Pelabuhan Tanjung Priok, Pastikan Larangan Mudik Berjalan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 13:10 WIB
Menhub tinjau Pelabuhan Tanjung Priok (Foto: Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Foto: Menhub tinjau Pelabuhan Tanjung Priok (Foto: Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan penerapan peniadaan mudik Lebaran 2021 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kedatangan Budi Karya untuk memastikan larangan mudik di pelabuhan ini berjalan dengan baik.

"Hari ini saya memastikan pelayanan di Priok ini dapat berjalan dengan baik, mengingat Idul Fitri pasti ada satu pengorbanan bagi rekan-rekan untuk tetap menjalankan operasi di Priok ini. Oleh karenanya saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan semua, termasuk TNI-Polri yang sudah konsisten tetap melakukan kegiatan," kata Budi Karya di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (11/5/2021).

Budi Karya mengungkapkan, tahun ini pergerakan penumpang transportasi laut di Pelabuhan Tanjung Priok mengalami penurunan. Dia pun memastikan hanya mereka yang dikecualikan yang boleh menyeberang.

"Berkaitan dengan pergerakan memang terjadi suatu penurunan, mengingat perjalanan laut sangat lama, masa-masa ini sudah tidak ada, relatif sedikit sekali bergerak ke daerah lain, tapi itupun kami pastikan bahwa prokes dan mereka-mereka yang dikecualikan yang bisa berjalan," tuturnya.

Lebih lanjut, Budi Karya mengatakan, pergerakan penyeberangan logistik mengalami peningkatan. Dia mengungkapkan, ada peningkatan angkutan logistik sebesar 70 persen dalam satu bulan terakhir.

"Artinya ini sangat positif apa yang diperintahkan Presiden dapat dijalankan dengan baik. Bahkan Januari sampai Maret, pergerakan internasional dibanding tahun lalu Januari sampai Maret kita tahun-tahun lalu belum terjadi Covid dan sekarang Covid, dan itu naik 6 persen itu artinya pergerakan logistik baik," papar Budi Karya.

Pantauan detikcom, pukul 11.45 WIB, pintu keberangkatan terlihat sepi dan tidak antrean penumpang. Hanya terlihat 5 sampai 10 penumpang yang menunggu yang sedang menunggu kapal.

Di loket pendaftaran tes cepat Covid-19 GeNose juga tampak sepi. Terlihat ada dua petugas dari pihak pelabuhan di meja registrasi untuk pendaftaran GeNose.

(mae/mae)