Catat! Pasar Tanah Abang Tutup Mulai Besok hingga 18 Mei

Antara News - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 13:02 WIB
Suasana Pasar Tanah Abang, Selasa (4/5/2021) pukul 09.20 WIB
Ilustrasi Pasar Tanah Abang. (Foto: Farih Maulana-detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat akan tutup sementara mulai besok. Pasar Tanah Abang tutup sampai tanggal 18 Mei.

Hal tersebut disampaikan Anies dalam kunjungan ke Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Selasa (11/5/2021). Penutupan sementara Pasar Tanah Abang itu dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri.

"Besok Rabu terakhir, memang siklusnya saja. Hari terakhir bulan Ramadhan, tutup pasarnya, karena pedagang juga ikut libur Lebaran," kata Anies seperti dikutip dari Antara.

Dalam kesempatan terpisah, Pengelola Blok A Pasar Tanah Abang Heri Supriyatna membenarkan Pasar Tanah Abang akan ditutup sementara dalam rangka perawatan rutin.

"Iya benar, kita tutup sementara dulu dari tanggal 12 Mei sampai 18 Mei dalam rangka libur Lebaran tanggal 13 Mei 2021 dan juga dilakukan perawatan gedung di seluruh blok," kata Heri.

Perawatan itu meliputi pembersihan area pasar, perawatan suku cadang pada gedung dan bagian-bagian lain yang memang sudah harus dilakukan perawatan. Terkait penutupan ini, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang sejak dua pekan selama Ramadhan ini.

Kembali ke Anies, dalam kunjungannya di Pasar Mayestik, Anies memborong sejumlah bahan pangan. Anies juga melayani permintaan pedagang yang minta selfie.

"Tadi saya beli telur asin, tempe. Saya lihat ada tempe masih 'fresh' hangat, kemudian saya juga beli ayam bumbu, ada bumbu manis, terus juga kue kembang goyang. Ini jadi salah satu bahan untuk saya bawa pulang untuk persiapan Lebaran besok di rumah," kata Anies.

Anies menilai pasokan bahan pangan untuk DKI Jakarta tercukupi dengan harga cenderung stabil. Anies mengapresiasi para pedagang yang tetap bertahan di Jakarta dan memilih tidak mudik.

(idn/hri)