Kerap Terjadi Pelanggaran di Jalur Sepeda, Dishub DKI Minta Pemotor Tertib

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 12:37 WIB
Jalur sepeda permanen di Jl Sudirman Jakarta
Jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin (Foto: Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya membuka peluang meniadakan jalur sepeda permanen di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta jika keberadaannya dinilai tak efektif. Dinas Perhubungan DKI Jakarta belum mengetahui usulan itu dan meminta agar pengemudi sepeda motor tertib dalam berkendara.

"Pemerintah itu terus berupaya untuk menyediakan fasilitas yang memenuhi aspek keselamatan, keamanan, bagi para pengguna ruang jalan, salah satunya para pesepeda, begitu ada fasilitas disiapkan memang saat ini masih dalam tahap konstruksi, sehingga bisa saja ada pelanggar yang melakukan kesalahan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Syafrin Liputo, Selasa (11/5/2021).

Syafrin mengaku belum mengetahui permintaan Polda Metro Jaya meniadakan jalur sepeda permanen di kawasan ini. Kendati demikian, dia meminta agar pengendara sepeda motor yang menerobos jalur sepeda untuk mengubah perilaku dan tertib.

"Justru dari hasil perencanaan hasil pembahasan ini yang paling utama dengan memperhatikan faktor apa prilaku pengemudi kita," tegasnya.

Saat ini, Syafrin akan memaksimalkan sosialisasi mengenai jalur sepeda permanen kepada masyarakat. Dia pun menegaskan pihaknya belum berencana mengganti planter box dengan bahan yang lebih lunak.

"Tentu yang kami lakukan ke depan adalah akan terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa di koridor Sudirman-Thamrin ini nantinya bahwa akan adan jalur sepeda permanen," jelasnya.

"Sehingga yang ingin kita lakukan adalah bagaimana mengubah perilaku para pengemudi kendaraan bermotor untuk memahami bahwa di sana ada jalan bersama bukan jalan dia sendiri saja. Ada untuk pesepeda dan sebagainya," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2