Penyekatan di Bekasi-Karawang Kembali Bikin Macet, Pemudik Diloloskan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 06:57 WIB
Penyekatan mudik di Kedungwaringin, Bekasi, Senin (10/5) malam menimbulkan kemacetan
Penyekatan mudik di Kedungwaringin, Bekasi, Senin (10/5) malam menimbulkan kemacetan. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Ratusan pemudik bermotor kembali menerobos pos penyekatan mudik di Kedungwaringin, Bekasi, malam tadi. Polisi kemudian melakukan diskresi dan meloloskan para pemudik tersebut.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengatakan pihaknya melakukan upaya diskresi dengan meloloskan pemudik ke arah Karawang agar tidak terjadi kerumunan di pos penyekatan.

"Nggak jebol, tapi diskresi, mengurai arus dan menghindari kerumunan," kata Kombes Hendra dalam keterangan kepada detikcom, Selasa (11/5/2021).

Hal senada diungkap Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Sambodo mengatakan polisi melakukan diskresi untuk mencegah penumpukan yang mengakibatkan kerumunan di pos penyekatan.

"Bukan jebol, ini diskresi kepolisian," kata Sambodo.

Sambodo mengatakan diskresi itu dilakukan untuk mengurai arus lalu lintas yang macet. Serta mencegah kerumunan.

"Untuk mengurai arus dan mencegah kerumunan," ujarnya.

Peristiwa itu terjadi pada Senin (10/5) pukul 22.30 WIB. Seharusnya pos penyekatan itu ditutup dan kendaraan yang lewat diperiksa terlebih dahulu oleh petugas.

Namun, kali ini pos tersebut dibuka. Para pemotor pun dibiarkan melintas.

Pos Kedungwaringin itu merupakan salah satu tempat penyekatan kendaraan yang ingin mudik. Pos itu ditutup dan kendaraan yang lewat harus memiliki surat izin atau SIKM.

Di pos penyekatan ini, polisi membagi dua alur pemeriksaan untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat ke atas. Khusus di pemeriksaan roda dua semalam terjadi kemacetan hingga 4 kilometer.

Para pemudik tertahan menjelang pos penyekatan karena adanya pemeriksaan. Para pemotor pun kesal hingga membunyikan klakson secara bersahut-sahutan.

Simak video 'Riuh Bunyi Klakson di Antrean Penyekatan Kedungwaringin Bekasi':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/mei)