Kabar 'Presiden Mudik ke Solo' Hoax, Ini Faktanya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 20:01 WIB
Rombongan Mobil Presiden dan Wakil Presiden
Ilustrasi iring-iringan mobil Presiden RI-1 (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Beredar sebuah video iring-iringan RI-1 yang dinarasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mudik ke Solo. Kabar Presiden mudik ke Solo ini pun ditepis pihak Istana.

Dalam video viral berdurasi 41 detik seperti dilihat Senin (10/5/2021), tampak iring-iringan mobil melintas di sebuah ruas jalan. Si perekam video menyatakan banyak mobil tersebut berpelat B. Perekam itu juga menyebut RI-1 pulang kampung.

Klarifikasi soal 'Presiden mudik ke Solo' ini datang dari pihak Istana Kepresidenan. Video yang beredar di media tersebut merupakan rombongan Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Jawa Timur.

"Itu benar rombongan Presiden. Video tersebut saat Presiden kunjungan kerja ke Jawa Timur hari Kamis 6 Mei 2021," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin lewat pesan singkat, Senin (10/5).

"Video tersebut perjalanan rombongan Presiden dari Lamongan menuju Surabaya untuk meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo. Lokasi di video tersebut di daerah Gresik sebelum masuk gerbang tol (GT) Kebomas," sambung Bey.

Bey menegaskan Jokowi tidak mudik. Narasi yang menyebutkan Jokowi mudik ditegaskan tidak benar.

"Jadi bukan mudik, tapi kunjungan kerja ke Jawa Timur," tutur Bey.

Presiden Jokowi dipastikan akan berlebaran di Istana Bogor, Jawa Barat.

"Presiden Jokowi akan Lebaran di Istana Bogor," kata Kasetpres Heru Budi Hartono kepada detikcom, Senin (10/5).

Heru mengatakan Jokowi akan berlebaran dan salat Idul Fitri di Istana Bogor bersama Ibu Negara Iriana. Sementara sang putra, Gibran Rakabuming, yang merupakan Wali Kota Surakarta; dan sang putri, Kahiyang Ayu, bersama suaminya, Wali Kota Medan Bobby Nasution, akan menghabiskan Lebaran di kota masing-masing.

"Lebaran bersama keluarga di Bogor," ujarnya.

Heru pun menegaskan narasi video 'Presiden mudik ke Solo' itu tidak benar. Dia kembali menegaskan bahwa Jokowi tidak akan mudik.

"Jadi tidak benar yang di berita itu, itu warga yang tidak tahu kegiatan Bapak Presiden," kata dia.

(rdp/imk)