Menhub: Pergerakan Penumpang Turun Signifikan hingga 77%

Tim detikcom - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 16:32 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi di Pulau Nipa, Kepulauan Riau
Menhub Budi Karya (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan evaluasi sementara penerapan pengendalian transportasi selama mudik Lebaran 2021. Dia mengatakan jumlah pergerakan penumpang selama 6-9 Mei 2021 menurun signifikan.

"Di ratas (rapat terbatas) tadi kami melaporkan bahwa secara umum peniadaan mudik ini ditanggapi dengan cukup baik oleh masyarakat, ditandai dengan adanya penurunan jumlah pergerakan penumpang selama 6-9 Mei 2021 yang mencapai 77% di semua moda transportasi," kata Menhub Budi Karya dalam keterangan tertulis, Senin (10/5/2021).

Menhub menyebut pergerakan transportasi untuk melayani kegiatan nonmudik yang dikecualikan juga dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini termasuk angkutan logistik yang pergerakannya tetap berjalan seperti biasanya.

"Walaupun perjalanan penumpang dilakukan pembatasan secara ketat di masa peniadaan mudik, namun untuk angkutan logistik dipastikan tidak terkendala dan berjalan seperti biasanya," ujarnya.

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan pihaknya akan melakukan antisipasi terjadinya lonjakan pergerakan pada arus balik. Kemenhub memprediksi akan terjadi lonjakan pada H+2 Idul Fitri 2021.

"Ada dua hal yang kami usulkan untuk mengantisipasi potensi lonjakan pada arus balik. Pertama yaitu, menghimbau masyarakat untuk menunda kepulangan supaya tidak bertemu di satu tempat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan penumpukan. Kedua, kami usulkan dilakukan testing yang intensif di berbagai tempat yang konsentrasinya besar seperti di Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Jogja, Semarang, Cirebon, Jakarta, bahkan yang dari Sumatera di Bakauheni," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2