Viral Narasi Pemotor Mudik Masuk Tol, Begini Faktanya

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 15:59 WIB
Viral Narasi Pemotor Mudik Masuk Tol, Begini Faktanya
Tangkapan Layar Video Viral
Jakarta -

Sebuah video memuat sejumlah pemotor melaju di ruas jalan tol. Belasan pemotor itu tampak melaju dengan kecepatan tinggi.

Dalam video itu, tertulis jika para pemotor itu merupakan pemudik. Pemudik pemotor itu sengaja melaju dengan kecepatan tinggi di jalan tol untuk mengelabui penjagaan petugas.

Dimintai konfirmasi perihal video tersebut, Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal membantah narasi di video. Dia pun mengatakan video itu bukan di Indonesia.

"Itu lokasi di Malaysia. Peristiwa itu sudah lama," kata Akmal saat dimintai konfirmasi, Senin (10/5/2021).

Akmal menyebut video itu tidak ada hubungannya dengan kebijakan larangan mudik pemerintah. Menurutnya, penyebar video itu hanya mencoba membuat gaduh masyarakat.

"Itu ada di Instagram dan temen-temen IT sudah ngecek (video) dari Instagram Malaysia," ujar Akmal.

"Nggak ada sama sekali (dengan kebijakan larangan mudik). Biasa kan masyarakat kita suka cocoklogi untuk mendiskreditkan kepolisian," lanjut Akmal.

Lebih lanjut Akmal mengaku pihaknya tidak ingin mengusut warga iseng yang menyebarkan narasi bohong di video tersebut. Dia menyebut pihaknya lebih memilih fokus dalam pengamanan kebijakan larangan mudik.

"Masih aja banyak pekerjaan lain soal larangan mudik yang harus dikerjakan," ucap Akmal.

Dalam video tersebut memang nampak belasan motor melaju dengan sangat cepat di ruas jalan tol. Diduga para pemotor itu tengah melakukan aksi balapan.

Di sisi jalan tol tersebut, ada sejumlah kendaraan mobil yang terparkir. Para pemobil itu tampak menikmati aksi kebut-kebutan para pemotor.

Perekam video pun tampak menikmati aksi balapan di tol tersebut. Dengan penuh antusias perekam video terdengar berteriak saat pemotor melintas di jalan tol.

"Sudah sampai... liga juara-juara," kata perekam video.

(mei/fjp)