Ustaz Zulkarnain Positif COVID-19, Lokasi Dakwah Akan Ditracing

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 15:56 WIB
Keseruan Ustaz Tengku Zulkarnain saat Ngopi hingga Jajan Es Krim
Foto: Instagram/@tengkuzulkarnain.id
Pekanbaru -

Ustaz Tengku Zulkarnain dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) setelah melakukan safari dakwah dan ngaji keliling Riau. Namun Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir menyebut urusan tracing merupakan urusan puskesmas.

"Itu nanti akan dilakukan orang puskesmas (walau kegiatan lintas kabupaten). Bukan provinsi yang melakukan, nanti ada tracing, puskesmas," terang Mimi kepada detikcom, Senin (10/5/2021).

Menurut Mimi, Satgas COVID-19 Riau tak mengurusi soal penerapan 3T. Sebab, itu adalah tugas dokter rumah sakit dan pihak puskesmas tempat kegiatan ustaz Zulkarnain dilaksanakan.

"Nanti ada ditanya (dokter) sama ustaz itu, dari mana, mau ke mana. Satgas COVID-19 Provinsi bukan itu (tugas melakukan 3T)," imbuh Mimi yang juga menjabat sebagai Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19 Riau.

Terkait apakah upaya 3T sudah dilakukan atau belum, Mimi mengaku tak tahu pasti. Sebab, ia hanya menerima laporan positif dari tiap rumah sakit.

Diketahui, Ustaz Tengku Zulkarnain positif COVID-19 setelah perjalanan dakwah dan mengaji. Sebelum dinyatakan positif, Tengku Zulkarnain sempat keliling Riau untuk mengaji dan berdakwah.

Direktur Corporate Communication RS Tabrani Ian Machyar mengatakan Tengku Zulkarnain awalnya diantar beberapa orang. Mereka mengaku baru safari keliling di sejumlah daerah di Riau.

"Keterangan dari tim yang antar, beliau ini ngaji di Kuansing, Dumai dan Rohul. Terakhir mau pulang ke Medan (selesai dakwah keliling)," ujar Ian kepada detikcom, Senin (10/5).

Setelah perjalanan ke sejumlah daerah di Bumi Lancang Kuning, Tengku Zulkarnain melakukan swab PCR di RS Tabrani pada 2 Mei. Hasilnya, ia dinyatakan positif COVID-19.

"Beliau rencana besoknya mau pulang ke Medan. Ketahuan positif karena swab mau pulang ke Medan. Jadi swab untuk perjalanan," katanya.

Tonton juga Video: Klaster Tarawih di Banyuwangi Bertambah, 53 Orang Positif Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(ras/aik)