Cerita Pemudik di Sulsel Lancar Jaya Mudik Tanpa Penyekatan

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 14:57 WIB
Poster
Ilustrasi warga mudik menjelang Lebaran (Edi Wahyono/detikcom)
Makassar -

Pemerintah telah secara resmi melarang warga untuk mudik ke kampung halaman pada 6-17 Mei 2021. Namun ada saja warga yang nekat mudik di tanggal itu dan lancar tanpa melewati pemeriksaan petugas hingga tiba di kampung halaman.

Seperti yang dialami seorang pemudik Fajrin Azis, yang melakukan perjalanan dari Kota Makassar ke kampung halamannya di Kabupaten Bone pada Minggu (9/5/2021) lalu, atau saat larangan mudik telah resmi dilakukan. Fajrin bahkan nekat mudik ke kampung halamannya tanpa membawa surat izin keluar masuk.

"Saya baru saja sampai Bone kemarin. Kemarin tinggalkan Makassar pakai roda empat dan aman-aman saja," kata Fajrin saat berbincang dengan detikcom, Senin (10/5).

Fajrin sehari-harinya bekerja di Makassar dan keluarganya berada di Kabupaten Bone. Butuh perjalanan sejauh 130 kilometer atau sekitar 3 jam lebih lamanya menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4 untuk Fajrin tiba di kampung halamannya.

Fajrin mengatakan dirinya mudik ke Kabupaten Bone yang tidak masuk dalam wilayah aglomerasi yang telah ditetapkan pemerintah. Artinya, untuk masuk ke Kabupaten Bone ini, diperlukan surat izin khusus atau hanya untuk penduduk lokal saja.

"Saya pulang kendaraan sewa untuk masuk Bone dan ternyata tidak diperiksa. Pos pemeriksaan ada di Mallawa dan Tana Batue, tetapi alhamdulillah lancar tidak ada pemeriksaan," kata Fajrin sambil tertawa.

Biasanya, kata Fajrin, jalur Tana Batua adalah jalur alternatif untuk menuju ke wilayah Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bulukumba di masa pandemi dan pelarangan mudik.

"Tapi jalannya agak kurang mulus lewat sana dibandingkan jalur umum melewati Bone atau berputar lewat Bulukumba," ungkapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2