detikcom Do Your Magic

Kendala Pembuatan Taman Jembatan Kota Paris: Tanaman Dicabut, Bata Dirusak

Afzal Nur Iman - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 14:32 WIB
Desain Taman Jembatan Persatuan di Jembatan Kota Paris sebagai solusi mengatasi tawuran. (Dok Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta)
Desain Taman Jembatan Persatuan di Jembatan Kota Paris sebagai solusi mengatasi tawuran. (Foto: dok. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta)
Jakarta -

Pembangunan taman 'Jembatan Persatuan' di Jembatan Kota Paris ternyata menemui berbagai kendala. Tanaman dicabut, batu bata dirusak. Namun apa pun yang terjadi, proyek anti-tawuran ini tetap berlanjut.

"Awal-awal sih lumayan ada kendalanya, mungkin yang kontra itu sempet pasangin batanya dirusak, tanamannya dicabut," ujar Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda saat dihubungi, Senin (10/5/2021).

Kini kendala tersebut sudah bisa teratasi. Sejak ada pos jaga di sekitar lokasi, tidak terlihat lagi ada kendala dari warga yang menolak akses jembatannya ditutup.

"Sekarang sih setelah ada posko jaga, posko bersamanya di situ sih alhamdulillah sudah lebih terkendali. Nggak ada masalah lagi sih sejauh ini," lanjutnya.

Meski begitu, adanya oknum yang tidak senang dan mengganggu proses pengerjaan taman tetap bikin khawatir. Terlebih ketika libur Lebaran tiba sebentar lagi. Ketika tidak ada penjagaan saat libur Lebaran, dikhawatirkan taman akan kembali dirusak.

"Saya takutnya misal nanti Lebaran nggak ada pengamanan, terus sudah ditanami, dicabut-cabutlah. Maka saya minta diyakinkan dulu nih sama lurah, camat, supaya tetap ada pengamanan," kata Mila.

Pengerjaan taman di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, 10 Mei 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)Pengerjaan taman di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, 10 Mei 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Selain masalah keamanan, pihaknya masih perlu mencukupi kebutuhan tanah sebagai media tanam di jembatan di atas Kali Cideng tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2