detikcom Do Your Magic

Ini Desain Taman Jembatan Kota Paris Anti-tawuran: Safe and Beauty

Afzal Nur Iman - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 13:54 WIB
Pengerjaan taman di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, 10 Mei 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Pengerjaan taman di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, 10 Mei 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Jembatan Kota Paris segera menjadi taman 'Jembatan Persatuan' supaya tidak digunakan sebagai akses tawuran lagi. Pengerjaan sedang dilakukan. Begini desain taman ini.

Jembatan Kota Paris ini terletak di Jl Rawa Sawah II, antara Kampung Rawa dan Kampung Kota Paris di Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

"Desain kami siapkan sesuai arahan Pak Wali Kota Jakarta Pusat dengan konsep aman sekaligus memberikan keindahan lingkungan atau safe and beauty," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda, kepada detikcom pada Senin (10/5/2021).

Dari gambar desain taman jembatan yang dikonfirmasi Mila Ananda, terlihat di tengah-tengah jembatan akan ditanami bunga aneka warna. "Nanti bunga bugenvil," kata Mila.

Akses masuk jembatan juga akan ditutup dengan terali besi yang akan dipenuhi tanaman merambat. "Tanaman rambatnya adalah kembang telang, karena telang itu punya manfaat Toga (tanaman obat keluarga) yang bisa dimanfaatkan masyarakat," kata Mila.

Terali di ujung jembatan yang semula menjadi akses masuk pejalan kaki mempunyai bentuk setengah kubah. Terali ini digunakan sebagai tempat merambatnya tanaman sekaligus pengaman agar tidak ada yang berusaha melewati jembatan ini, karena jembatan ini nantinya akan menjadi taman.

Di depan terali tersebut terdapat kursi. Di sampingnya, terdapat pagar dengan bentuk batang-batang vertikal. "Kita kasih terali supaya orang tidak bisa meniti jembatan dari arah samping," kata dia.

Di bawah terali besi berbentuk kubah akan ada tempat duduk. Jadi, warga hanya bisa menikmati keindahan taman di luar jembatan tersebut. Terali kubah tersebut memiliki tinggi 2 meter jadi akan cukup sulit untuk dilewati. Di dinding-dinding jembatan juga akan dipasang terali besi.

Ini desainnya:

Desain Taman Jembatan Persatuan di Jembatan Kota Paris sebagai solusi mengatasi tawuran. (Dok Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta)Desain Taman Jembatan Persatuan di Jembatan Kota Paris sebagai solusi mengatasi tawuran. (Dok Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta)

Namun Mila mengatakan desain tersebut masih bisa berubah. Kondisinya akan menyesuaikan kesediaan materi yang tersedia.

"Mungkin bisa berubah sedikit menyesuaikan kondisi dan ketersediaan materinya," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2