Menhub: Tak Ada Lagi Penerbangan Charter Selama Larangan Mudik

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 12:39 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Budi Karya Sumadi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tidak ada lagi penerbangan charter selama masa larangan mudik Lebaran 2021. Para pekerja yang hendak datang ke Indonesia disarankan menunda perjalanan.

"Berkaitan dengan penggunaan pesawat udara tadi sudah disetujui bahwa tidak ada lagi penerbangan charter selama peniadaan mudik ini sehingga kalau ada tenaga-tenaga kerja disarankan menunda perjalanan tapi tetap ke Indonesia tetapi menunda," kata Budi dalam jumpa pers, Senin (10/5/2021).

Budi juga menyoroti soal kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) dari Malaysia. Ada dua titik konsentrasi yang menjadi perhatian.

"Ada beberapa hal yang kami tambahkan perlu satu konsentrasi dari pulangnya PMI dari Malaysia baik dari titik Kepri maupun titik Kalimantan Barat maupun Kalimantan Utara," ujar Budi.

Budi menyampaikan Kemenhub akan menyiapkan kapal untuk mengangkut mereka ke tempat tujuan. Pangdam setempat akan menjadi penanggungjawab hal tersebut.

"Oleh karenanya kementerian perhubungan menyiapkan kapal untuk mengangkut ke tempat tujuan akhir dan juga bus, tadi sudah disepakati TNI dengan komandan pangdam akan mengambil alih satu pengelolaan di dua titik di Kepri dan juga di Kalimantan Barat," tutur dia.

(knv/imk)