Anggota Komisi I Minta Connie Bakrie Ungkap Nama Mr M Mafia Alutsista

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 11:02 WIB
KRI Kujang-642 menembakan rudal C-705 ke target sasaran di perairan Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (8/4/2021). TNI Angkatan Laut (AL) melaksanakan latihan operasi laut gabungan untuk menguji kesiapsiagaan peralatan tempur atau Alutsista di lapangan. ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/Lmo/aww.
Ilustrasi alutsista (Foto: ANTARA FOTO/Teguh prihatna)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta isu mafia alat utama sistem pertahanan (alutsista) berinisial Mr M yang dihembuskan pemerhati pertahanan Connie Rahakundini Bakrie diungkap. Sejumlah anggota Komisi I DPR RI juga meminta Connie menyebut nama Mr M yang dituding sebagai mafia alutsista ini.

"Ya baguslah (Menhan Prabowo meminta sosok Mister M diungkap). Bongkar," kata Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin kepada wartawan, Senin (10/5/2021).

TB Hasanuddin mengaku tak pernah mendengar nama mafia alusista Mr M ini. Politikus PDIP ini mendukung agar sosok Mr M ini diungkap.

"Ini isu bulan kemarin, kalau sudah masuk ke soal bisnisnya saya gelap tak tahu apa-apa," ujar purnawirawan TNI ini.

Ketua DPP PKS Sukamta juga mendorong nama Mr M ini diungkap. Sukamta tak mengetahui nama sosok yang diisukan Connie ini.

"Saya nggak paham siapa yang dimaksud oleh Mbak Connie. Saya setuju dengan Menhan, kalau memang beliau tahu, sebaiknya diungkap dengan jelas supaya publik juga tahu," ucap anggota Komisi I ini.

Anggota Komisi I DPR RI lainnya, Muhammad Farhan, mengatakan tak pernah ada mafia alutsista dalam dokumen di komisinya. Menurut Farhan, Kemhan juga perlu memastikan keberadaan pihak yang memonopoli alutsista ini.

"Seperti yang saya sampaikan bahwa di dokumen manapun tidak pernah ada disebut mafia alutsista, bahkan di dokumen Panja Alutsista Komisi I DPR RI pun tidak ada," sebut Farhan.

"Yang perlu dipastikan oleh Kemenhan: Apakah ada indikasi keberadaan pelaku pengadaan alutsista yang menunjukan monopoli dan pengaturan?," imbuhnya.

Pemerhati pertahanan Connie Rahakundini Bakrie sebelumnya mengungkap adanya sosok mafia alutsista yang ia sebut Mister M. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta Connie mengungkap sosok tersebut.

"Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sangat berterima kasih bila Bu Connie menyebutkan dan membuka saja siapa Mafia yang dia sebut berinisial Mister M, bila perlu laporkan tindakan yang bersangkutan ke KPK atau kepolisian," ujar Juru Bicara Menteri Pertahanan RI Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangannya, Senin (10/5).

Dahnil mengatakan isu soal adanya mafia alutsista hanya sekedar rumor dan berakhir menjadi fitnah. Ia khawatir nantinya banyak jenderal di TNI yang menjadi korban tuduhan Connie.

"Termasuk yang dia sebut ada industri pertahanan bayangan, sebutkan saja Jenderal yang dia sebut-sebut bermain itu siapa? Apalagi Bu Connie menyebutkannya dengan embel-embel tidak memperoleh pengetahuan yang cukup terkait itu," terang Dahnil.

(rfs/haf)