Masjid At Tabayyun : Manusia Merdeka Iktikaf di Tenda Arafah

Tim Hikmah detikcom - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 18:55 WIB
Kegiatan ibadah iktikaf dan sholat di Masjid At Tabayyun
Foto: Istimewa
Jakarta -

Tenda " Arafah" Masjid At Tabayyun di komplek Taman Villa Meruya mendapat kunjungan "Manusia Merdeka " hari Minggu (9/5) pukul 00.05 WIB dinihari. Manusia Merdeka adalah julukan Muhammad Said Didu, mantan Sekretaris Kementerian BUMN. Said Didu khusus datang untuk merasakan beriktikaf di tenda putih, seluas 100 M2, yang belakangan mendapat perhatian luas masyarakat. Fans berat klub sepakbola Manchaster City, rela absen menonton pertunjukan City vs Chelsea malam itu demi beriktikaf di Tenda At Tabayyun. " Toh pertandingan itu tidak terlalu penting. Menang atau kalah tak berpengaruh. Lebih baik ibadah," kata Didu. Buktinya, kalah 1-2 lawan Chelsea malam itu tak membuatnya gusar.

Tenda " Arafah" didirikan oleh Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun untuk digunakan warga Salat Tarawih selama Ramadhan.
Hampir tiga tahun panitia mengurus izin pembangunan masjid namun belum terealisasi karena sempat terkendala beberapa hal. Terutama masa pandemi membuat proses pengurusan izin alami keterlambatan. Izin Gubernur DKI sendiri baru keluar Oktober 2020, menyusul kemudian rekomendasi Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB) Jakarta Barat dua pekan setelah itu. Tidak keburu membangun masjid untuk bisa digunakan di bulan Ramadhan ini, panitia lantas membangun tenda sebagai tempat ibadah sementara selama Ramadhan. Eh, baru dua hari digunakan beribadah, ada pula pengacara layangkan somasi ke panitia minta tenda dibongkar tanpa alasan yang jelas. Begitu pun legal standing 12 oknum yang memberikan kuasa kepada lawyer, sama tak jelasnya. Juga dengan gugatannya kepada Gubernur DKI di PTUN.

Malah karena ulah segelintir warga penuntut itu nyaris bikin umat muslim sekeliling komplek TVM naik pitam merespons tuntutan mereka. "Saya datang iktikaf di tenda untuk mendoakan secara khusus masjid At Tabayyun. Insya Allah Bapak segera bangun," kata Muhammad Said Didu.

Kuliah Subuh

Selain aktifitas Iktikaf, kegiatan lain di Tenda At Tabayyun hari ini ialah salat Subuh berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan mendengar kajian agama KH Ahmad Astamar, Wakil Ketua FKUB DKI, dalam acara Kuliah Subuh.

Kuliah subuh yang baru untuk kedua kalinya diselenggarakan di Tenda ini diikuti antusias oleh warga Muslim TVM. " Setelah Ramadhan nanti, selain Salat Tarawih, seluruh kegiatan ibadah warga Muslim tetap berlanjut di Tenda itu. Salat lima waktu berjamaah, Salat Jumat, Kuliah Subuh dan lain sebagainya, " ujarvMarah Sakti Siregar, Ketua Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun.

Marah juga mengumumkan dimulainya penerimaan zakat fitrah oleh panitia, serta penyelenggaraan Salat Iedul Fitri 1442 H di lapangan terbuka sekitar lahan Tenda. Salat Ied dimulai pukul 07.00 WIB. Khotib : Ustaz Drs H Ending Ridwan, Ketua RT 02 Taman Villa Meruya.

(erd/erd)