DKI Buka Tempat Wisata Saat Lebaran, Wagub: Ikuti Harapan Pemerintah Pusat

Tiara Aliya - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 10:11 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Wagub DKI Jakarta A Riza Patria (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta memutuskan tetap membuka tempat wisata di masa libur Hari Raya Idul Fitri 2021 mendatang. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan keputusan ini diambil untuk mengikuti harapan masyarakat dan pemerintah pusat.

"Kami Pemprov DKI Jakarta sudah mengambil satu kebijakan selain mengikuti yang menjadi harapan masyarakat dan pemerintah pusat, kami membatasi pariwisata sekalipun dibuka, dibatasi kapasitasnya diturunkan dari 50% menjadi 30%," kata Riza di akun instagramnya @arizapatria, Minggu (9/5/2021).

Meskipun dibuka, Riza memastikan operasional tempat wisata tetap dibatasi dengan kapasitas maksimal 30%. Selain itu, pengunjung hanya diperkenankan membeli tiket secara online.

"Di setiap titik (tempat wisata) ada petugas yang membantu menjaga, memastikan protokol kesehatan," jelasnya.

Kendati demikian, Politikus Gerindra itu menganjurkan warga tetap berada di rumah selama merayakan lebaran. Riza meminta warga untuk merayakan Lebaran dengan keluarga inti di rumah.

"Sekalipun diperbolehkan kami tetap meminta masyarakat menjaga protokol kesehatan dan tetap tempat terbaik adalah, sekalipun hari libur tetap berada di rumah bersama keluarga," ucap Riza.

"Nikmati perayaan Idul Fitri, rayakan, syukuri secara bersama sama cukup dengan keluarga inti tidak perlu lakukan kunjungan apalagi open house dan sebagainya atau kegiatan liburan ke luar kota sekalipun dimungkinkan warga Jakarta beredar di Jabodetabek kami minta tetap berada di rumah ya," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI menetapkan tempat wisata bisa beroperasi selama libur lebaran dengan kapasitas 30%. Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran yang ditandatangani oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata Gumilar Ekalaya pada 7 Mei 2021. Kendati demikian, tempat pariwisata tetap dibuka dengan kapasitas 50% selama periode larangan mudik 2021.

"Diberlakukan pembatasan pengunjung dengan ketentuan kawasan pariwisata atau taman rekreasi dan wisata tirta sebanyak 30% dari kapasitas maksimal," begitu bunyi surat edaran yang diterima detikcom, Jumat (7/5/2021).

Tempat wisata diminta untuk mematuhi standard operating procedure (SOP) serta protokol kesehatan dengan ketat. Serta melakukan pemesanan tiket dilakukan secara online.

Sektor pariwisata juga diminta memaksimalkan jumlah satuan tugas COVID-19 internal serta wajib berkoordinasi dengan pihak atau instansi terkait.

Lihat juga Video: Purwakarta Akan Membuka Seluruh Tempat Wisata Usai Lebaran

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)