Round-Up

Mimpi Kakek Zainuddin di Balik Rumah Bawah Tanah

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 07:01 WIB
Kakek di Sulawesi Selatan membangun rumah bawah tanah menggunakan cangkul selama 2 tahun
Kekek Zainuddin (Foto: Zulkipli Natsir/detikcom)
Jakarta -

Kakek Zainuddin (54) membangun ruang bawah tanah hanya dengan cangkul selama 2 tahun di Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel). Zainuddin berharap rumah bawah tanah itu akan jadi objek wisata yang bisa menyejahterakan dirinya dan orang-orang lain.

"Dia pernah cerita mau bikin tempat wisata. Katanya nanti kehidupannya akan berubah dan sejahtera kalau pekerjaannya ini jadi dan menghasilkan. Dia pun janji akan bantu saya dan orang-orang di sini," kata tetangga Zainuddin, Siti saat ditemui detikcom.

Siti mengatakan Zainuddin merupakan orang yang baik dan pekerja keras. Meski hidup sendirian, Zainuddin disebut tak pernah mau membuat susah keluarga dan tetangganya.

"Kasihan ini bapak. Dia keras sekali bekerja. Sudah 2 tahun saya perhatikan menggali. Dia hidup seperti sebatang kara, padahal keluarganya ada, tapi dia tidak mau susahkan. Saya sudah kenal bapak ini sekitar 10 tahun," ucap Siti.

Zainuddin mengaku awalnya ingin membangun sumur. Namun, dia tak memiliki punya cukup biaya.

"Awalnya saya minta tukang air untuk bikin sumur. Tapi uang saya tidak cukup untuk ongkos kerjanya. Jadi saya urungkan niat dan kemudian menggali sendiri sumurnya," ucap Zainuddin ketika detikcom datang ke kediamannya.

Karena hanya bekerja sendiri, dia membuat jalanan di sisi lubang agar bisa mengangkut tanah galian ke atas. Setelah sumur selesai, dia kemudian memiliki ide membuat lorong-lorong di bawah tanah.

Dia mengaku memulai pekerjaan itu pada September 2019. Pengalaman menjadi buruh dan penjaga taman di Malaysia disebutnya menjadi modal membangun ruang bawah tanah.

"Hati dan pikiran saya juga merasa tenang ketika mengerjakan ini, karena saya juga sudah tidak punya pekerjaan lain setelah kebun saya jual. Saya hanya punya 3 ekor sapi yang saya rawat dan setelah saya kasih makan sapi, saya lanjut kerja di sini lagi," ujarnya.

Zainudddin berharap rumah bawah tanah itu bisa menjadi tempat wisata di kampungnya. Dia juga telah menyiapkan ruang jika ada tamu dari jauh yang hendak menginap.

"Saya kadang kerjakan hingga larut malam menggunakan lampu ini. Harapan saya ini bisa menghasilkan uang suatu saat nanti ketika jadi tempat wisata. Saya juga sudah siapkan kolom-kolom di bawah rumah yang nanti mau saya jadikan kamar jika ada pengunjung dari jauh dan mau menginap di sini," tuturnya.

Tonton Video: Cerita Kakek Bangun Rumah Bawah Tanah Modal Bercangkul 2 Tahun

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2