Hari Ketiga Larangan Mudik, 70 Ribu Kendaraan Diputar Balik

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 01:14 WIB
Jelang hari raya Idul Fitri pemudik mulai mencari jalur-jalur aman termasuk jalan pintas guna menghindari penyekatan.
Ilustrasi penyekatan mudik (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Polisi terus melakukan penyekatan mudik. Hingga hari ketiga pemberlakuan larangan mudik, petugas berhasil memutar balik sebanyak 70 ribu kendaraan yang hendak pulang ke kampung halaman.

"Kemudian putaran arus yang tidak memenuhi persyaratan mudik, hari ini sebanyak 10.869 kendaraan. Kalo selama tiga hari ini kurang lebih 70 ribu yang sudah kita putar balik," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, kepada wartawan di Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (8/5/2021).

Istiono mengatakan hingga saat ini kendaraan yang menuju wilayah Jawa mengalami penurunan sebanyak 73 persen. Lalu, untuk kendaraan yang arah ke Bandung atau Jawa Barat sebanyak 78,3 persen dan yang ke arah Sumatera sebanyak 43,3 persen menurun.

"Saya sampaikan bahwa sampai saat ini volume arus kendaraan yang menuju Jawa ini mengalami penurunan sebanyak 73 persen. Kemudian yang menuju Bandung, Jawa Barat turun sampai 78,3 persen. Kemudian yang menuju Sumatera turun sampai 43,3 persen," kata Istiono.

"Dan volume kendaraan ini didominasi oleh kendaraan angkutan logistiknya atau angkutan barang," tambahnya.

Selanjutnya, Istiono memastikan bahwa penyekatan mudik hingga saat ini berjalan dengan lancar dan aman. "Secara umum semuanya berjalan aman lancar pada saat ini," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2