Pemudik Motor Padati Jalur Pantura Subang

Dian Firmansyah - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 00:55 WIB
Pemudik motor di Subang
Foto: Pemudik motor di Subang (Dian/detikcom)
Subang -

Pemudik yang didominasi pemudik motor melintas dan memadati ruas jalan utama Pantura Subang, Jawa Barat. Mereka melintas lancar dengan kecepatan rata-rata 40-50 km/jam.

Menurut salah satu pemudik dari Tangerang menuju Bumiayu, ia bisa lolos dari penyekatan dengan berbagai cara, mulai dari membawa barang seadanya dan mengantisipasi ketika ada penyekatan.

"Ada beberapa penyekatan tapi kita bisa lolos. Kita persiapan dari teman yang sudah berhasil mudik. Jadi pinter-pinter kita aja, kalo ada penyekatan polisi sebelah kiri kita melipir ke kanan. Terus enggak terlalu banyak barang bawaan, biar kelihatan kayak main bukan mudik," beber Mujin Saputra, ditemui saat menunggu rombongannya yang tertinggal, Sabtu (8/05/2021).

Mujin yang melakukan perjalanan secara rombongan, tetap nekat melakukan mudik karena sudah menjadi tradisi, ia juga kecewa kepada pemerintah yang masih memperbolehkan WNA masuk ke Indonesia.

"Rombongan lebih dari 30 motor. Saya kurang setuju dengan larangan mudik ini. Kita warga Indonesia dilarang mudik, kenapa orang China bisa masuk Indonesia," ungkapnya.

Terpantau di posko penyekatan di jalur Pantura, barrier pembatasan dan penyempitan jalur terpasang di lajur lambat jalan ini. Sehingga pengendara hanya dapat melintas di lajur cepat dan hanya satu lajur. Barrier ini dipasang dengan tujuan agar petugas dapat melakukan penyekatan lebih efektif di satu lajur.

(lir/lir)