Kendaraan Pemudik di Jalur Tikus Jembatan Pebayuran Karawang Diputar Balik

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 18:14 WIB
Pemeriksaan di Pos Penyekatan Jembatan Pebayuran Karawang
Pemeriksaan di Pos Penyekatan Jembatan Pebayuran, Karawang (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Karawang -

Polisi juga melakukan penyekatan di jalur tikus pemudik, salah satunya di Jembatan Pebayuran, Karawang, Jawa Barat. Terlihat penyekatan ini berhasil memutarbalikkan kendaraan yang tidak bisa menunjukkan surat dinas.

Pantauan detikcom, pukul 16.30 WIB, Sabtu (8/5/2021), jalur ini dilewati oleh beberapa kendaraan dengan pelat nomor Jakarta hingga Jawa Tengah. Alhasil, polisi memaksa pengendara tersebut untuk putar balik karena tidak bisa menunjukkan surat sebagai syarat ke luar kota.

Pamdal Pos Penyekatan Jembatan Pebayuran, Ipda Supanto, membenarkan Jembatan Pebayuran ini kerap digunakan para pemudik sebagai jalur tikus. Karena itu, polisi bersama pihak lainnya mendirikan pos penyekatan ini.

"Betul (jalur tikus), makanya di sini diadakan pospam untuk mengantisipasi daripada jalur orang-orang yang mudik. Ketika misalnya ada yang mudik, kami bersama tim atau pelaksana pengamanan mengembalikan lagi kendaraan tersebut ke tempat semula," kata Supanto saat ditemui di lokasi.

Namun memang jalur tikus ini belum ramai dipadati oleh pemudik. Salah satu pemudik ke Jawa Tengah yang mencoba melewati jalur ini langsung diputar balik.

"Ya dianggap landai, ya biasa saja. Kayak tadi ada pemudik mau ke Jawa Tengah, tidak dilengkapi dengan data, surat antigen, dan sebagainya dan tujuannya mudik, dikembalikan lagi, diputar balik," katanya.

Supanto mengatakan beberapa pemudik terkadang menggunakan akal bulusnya untuk mengelabui petugas. Saat diperiksa, beberapa dari mereka ketahuan membawa barang bawaan layaknya pemudik.

"Memang ada yang ada modusnya mau ke sana, ternyata setelah diperiksa kendaraan ada barang bawaan dan sebagainya. Modusnya alasannya dekat ke sana, gitu. Padahal tujuannya mau mudik," katanya.

Lebih lanjut Supanto mengatakan anggota yang dilibatkan dalam pos penyekatan ini sebanyak 25 anggota. Hingga saat ini, polisi terus melakukan pemeriksaan para pengendara. Selain itu, petugas membagi-bagikan masker kepada pengendara yang tidak menggunakan masker.

Simak video 'Jubir: Jokowi dan Seluruh Menteri Tidak Mudik':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)