Mimpi Kakek Zainuddin Ubah Nasib Orang Sekampung Lewat Rumah Bawah Tanah

Zulkipli Natsir - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 15:44 WIB
Kakek di Sulawesi Selatan membangun rumah bawah tanah menggunakan cangkul selama 2 tahun
Rumah bawah tanah yang dibangun Zainuddin (Zulkipli Natsir/detikcom)

Zainuddin berharap rumah bawah tanah itu bisa menjadi tempat wisata di kampungnya. Dia juga telah menyiapkan ruang jika ada tamu dari jauh yang hendak menginap.

"Saya kadang kerjakan hingga larut malam menggunakan lampu ini. Harapan saya ini bisa menghasilkan uang suatu saat nanti ketika jadi tempat wisata. Saya juga sudah siapkan kolom-kolom di bawah rumah yang nanti mau saya jadikan kamar jika ada pengunjung dari jauh dan mau menginap di sini," tuturnya.

Meski niatnya baik, Zainuddin mengaku kerap dipandang sebelah mata oleh orang lain. Dia mengaku pernah dianggap tak waras.

Kepala Desa Awang Cenrana, Abdul Hamid, menyebut Zainuddin memiliki penyakit yang membuat kejiwaannya sedikit terganggu. Meski Zainuddin disebut memiliki gangguan kejiwaan, dia tetap normal saat diajak berkomunikasi.

"Bapak (Zainuddin) itu ada riwayat hidupnya memang tidak normal. Artinya, orang tidak sehat. Dia memang beberapa kali masuk di ahli saraf," kata Abdul saat dihubungi, Kamis (6/5).

Abdul Hamid telah menegur Kakek Zainuddin untuk menghentikan pembangunan rumah bawah tanahnya. Menurut Hamid, rumah bawah tanah itu dinilai berbahaya.

"Artinya, saya sudah sampaikan, nggak usah dilanjutkan. Kalau perlu ditutup saja itu yang sudah digali, jangan sampai ada orang jatuh nanti," ujarnya.

Hamid mengatakan larangan itu disampaikan lantaran proyek rumah bawah tanah yang hanya dikerjakan dengan alat seadanya, seperti cangkul dan sekop pasir. Kakek Zainuddin pun disebut sudah setuju tak melanjutkan proyek rumah bawah tanah itu.

Halaman

(haf/haf)