Habiburokhman Minta Kapolri Tingkatkan Sosialisasi Penindakan Polisi Nakal

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 14:20 WIB
Habiburokhman (Dok. Pribadi).
Habiburokhman (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra Habiburokhman memuji kinerja Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam 100 hari pertama sebagai Kapolri. Habiburokhman menilai ada tiga terobosan yang telah dibuat Sigit dalam 100 hari.

"Yang pertama adalah kebijakan e-TLE yang meminimalkan ruang penyimpangan atau kongkalikong penegakan hukum pelanggaran lalu lintas," kata Habiburokhman kepada wartawan, Sabtu (8/5/2021).

Dia menilai penerimaan resmi negara dari penindakan pelanggar lalu lintas bakal meningkat jika tak ada lagi main mata antara petugas dan pelanggar. Komisi III merupakan alat kelengkapan Dewan yang memiliki ruang lingkup di bidang hukum. Salah satu mitra kerjanya adalah Polri.

Kembali ke pujian Habiburokhman terhadap Sigit. Dia menyebut terobosan lain dari Sigit adalah penanganan kasus ujaran kebencian berdasar UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Keberadaan Polisi Cyber yang memberi peringatan dahulu sebelum melakukan penindakan efektif meredam membanjirnya kasus ujaran kebencian yang dibawa ke pengadilan," tuturnya.

Terobosan ketiga, katanya, adalah keterlibatan personel Polri menangani pandemi COVID-19. Dia mencontohkan kinerja personel Polri di Jakarta Timur.

"Saya lihat langsung di Dapil saya Jakarta Timur dan banyak tempat lain, aparat Bhabinkamtibmas aktif melakukan pemantauan dan sosialisasi pencegahan penularan COVID-19," ucapnya.

Habiburokhman menilai kerja Sigit sudah on the track. Dia berharap Sigit lebih banyak membuat terobosan agar Polri semakin baik, salah satunya soal penindakan terhadap anggota Polri yang melanggar aturan.

"Dapat dikatakan kinerja Pak Kapolri Listyo Sigit sudah on the track, diharapkan kinerja tersebut bisa stabil, bahkan terus meningkat. Hal lain yang perlu dibenahi adalah sosialisasi penindakan internal terhadap anggota Polri yang melakukan pelanggaran disiplin. Kami tahu selama ini banyak sekali polisi nakal yang ditindak, tetapi penindakan tersebut kurang terekspose sehingga yang muncul ke pemberitaan hanya ulah negatif oknum polisi tersebut," tuturnya.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo dilantik sebagai Kapolri pada Rabu 27 Januari 2021. Pelantikan Sigit dilakukan setelah DPR menyetujui Sigit sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

(haf/idh)