Polisi Dalami Viral Rombongan Pemotor di Karawang Lolos Penyekatan

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 13:11 WIB
Karawang -

Sebuah video menunjukkan sejumlah pemotor di Karawang, Jawa Barat, diduga lolos penyekatan mudik viral di media sosial (medsos). Pihak kepolisian tengah mendalami persoalan tersebut.

Berdasarkan video tersebut, pos penyekatan itu diduga berada di Jalan Lingkar Tanjungpura, Karawang, Jawa Barat. Terlihat seperti dalam video banyak pemotor yang lolos dari penyekatan polisi. Pihak kepolisian tampak sempat berupaya untuk menghalau pemotor tersebut namun tidak berhasil.

Kasie Humas Polres Karawang Ipda Budi buka suara terkait video viral tersebut. Dia mengatakan pihaknya masih mendalami soal video yang viral itu.

"Ya karena mungkin viralnya ini video, ini masih dalam tahap pendalaman dari pihak kita, kepolisian khususnya pihak Karawang, apakah benar seperti itu kejadiannya. Sehingga saat ini kita belum bisa memberikan keterangan apakah benar kejadian seperti itu atau tidak, gitu," kata Budi, saat ditemui di Polres Karawang, Sabtu (8/5/2021).

"Sementara masih pendalaman oleh pihak terkait yang di pospam masih bertanggung jawab itu siapa," tambahnya.

Budi mengatakan pihaknya akan memperketat pengamanan di pos penyekatan tersebut bila video itu benar terjadi. Pihaknya juga akan menambah pasokan anggota untuk mengantisipasi lolosnya para pemudik.

"Ya kalau memang ada kejadian seperti itu, kita antisipasi ke depannya perketat keamanan. Mungkin penambahan kekuatan dari anggota Polres yang masih ada digeser ke sana," ujar Budi.

Budi menjelaskan penyekatan di pos checkpoint bunderan kepuh ini sebetulnya dibagi dalam tiga shift selama 24 jam. Anggota yang terlibat yakni dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub).

"Kalau untuk personel Polri 10 (personel), nah mungkin ditambah dengan TNI disana ada kemudian satpol PP, Dishub, kesehatan juga tapi yang pasti dari kepolisian 10," ujarnya.

Budi menyebut bahwa jalur tersebut memang kerap digunakan para pemudik yang ingin ke arah Cikampek atau Cirebon. Dengan begitu, jalur ini bisa menjadi jalur alternatif para pemudik untuk menghindari penyekatan di jalur tol.

"Ya intinya kalau disana itu kan jalur yang dilewati dari arah bekasi menuju arah Cikampek, Cirebon, bisa sampai ke Bandung bisa lewat situ," ujarnya.

(maa/maa)