Waket MPR Ingatkan Transparansi Harus Jadi Prioritas Pemprov Sulsel

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 12:26 WIB
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengingatkan dalam mengelola negara diperlukan transparansi dan akuntabilitas. Menurutnya, transparansi ini harus menjadi prioritas pemerintah termasuk pemerintah daerah di Indonesia.
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengingatkan dalam mengelola negara diperlukan transparansi dan akuntabilitas. Menurutnya, transparansi ini harus menjadi prioritas pemerintah termasuk pemerintah daerah di Indonesia.

"Saya menitipkan pesan kepada Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) bahwa dalam mengelola negara (pemerintahan) diperlukan transparansi dan akuntabilitas yang menjadi prioritas," ujar Syarief dalam keterangannya, Sabtu (8/5/2021).

Hal ini dia ungkapkan usai bersilaturahmi dengan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Makassar, Jumat malam (7/5/2021). Silaturahmi ini juga dihadiri Staf Khusus Wakil Ketua MPR Jafar Hafsah.

Dia menuturkan membangun sebuah daerah seperti Sulsel tidaklah mudah. Sebab, dalam membangun Sulsel sangat kompleks dan dibutuhkan betul satu konsep pembangunan yang menyeluruh.

"Saya memberikan dorongan dan dukungan kepada Plt Gubernur Sulsel. Saya katakan bahwa perjalanan politiknya masih panjang dan membangun Sulsel sangat kompleks. Tentu harapan rakyat Sulsel terhadap beliau sangat tinggi sekali," terangnya.

"Meski masih Plt, tetapi kita memberikan dukungan agar beliau dapat melaksanakan tugas dengan amanah. Itulah yang diharapkan oleh rakyat," imbuhnya.

Menurut Syarief Hasan, jika sudah menjadi gubernur maka dia adalah gubernur semua partai politik. Bukan gubernur partai A atau partai B, tetapi gubernur semua partai politik.

"Saya mendapat feedback dari beliau bahwa dukungan dari partai politik di Sulsel sangat bagus. Koordinasi dengan partai politik cukup baik khususnya dengan Partai Demokrat. Kita memberikan dukungan penuh kepada beliau dalam menjalankan tugas-tugasnya," jelasnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan dalam pertemuan dengan Wakil Ketua MPR Syarief Hasan, ia menjelaskan banyak hal termasuk program-program pembangunan yang menjadi prioritas dan situasi sosial politik di Sulsel.

"Saya berterima kasih sekali dengan kedatangan Pak Syarief Hasan yang juga mentor politik saya dan tokoh nasional dari Sulsel. Alhamdulillah Pak Syarief memberi pencerahan-pencerahan dan pelajaran-pelajaran," katanya.

"Tentu banyak pelajaran yang dipetik dari beliau. Khususnya dukungan yang diberikan kepada kami dalam menjalankan amanah ini. Semua tentu untuk membangun Sulsel yang lebih baik lagi ke depan," pungkasnya.

(akd/ega)