Hindari Penyekatan, Sejumlah Mobil Terobos Separator GT Cikarang Barat

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 18:39 WIB
Jasa Marga menambah barrier beton cegah pemudik nekat
Foto: Jasa Marga menambah barrier beton cegah pemudik nekat (Dok. Jasa Marga)
Jakarta -

Video menunjukkan sejumlah kendaraan menerobos separator di Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat, viral di media sosial. Kendaraan tersebut disebut-sebut menghindari penyekatan petugas.

Humas Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek Hendra Damanik membenarkan adanya sejumlah kendaraan yang menerobos pembatas jalan itu. Menurutnya, kendaraan itu nekat menerobos separator karena tak mau diputar balik di GT Cikarang Barat.

"Iya, gini ada beberapa KR (kendaraan) dua apa tiga kendaraan sebenarnya, dan dia itu naik ke separator. Jadi memang bukan puluhan mobil, dua-tiga kendaraan," kata Hendra kepada wartawan, Jumat (7/5/2021).

Dia memastikan bahwa yang lolos menerobos pembatas jalan itu tidak puluhan kendaraan. Sebab pembatas jalan yang sangat tinggi tidak akan bisa dilalui oleh kendaraan kecil seperti sedan.

"Karena memang itu kebayang nggak separator tingginya seperti apa? Itu tinggi dan nyangkut mobilnya," ucapnya.

Hendra menjelaskan peristiwa itu terjadi pada hari pertama penyekatan kendaraan diberlakukan, Kamis (6/5) malam. Namun dia belum bisa memastikan pukul berapa hal tersebut terjadi.

"Tapi kita belum tahu pasti pukul berapa, yang pasti itu udah menjelang subuh," katanya.

Untuk mengantisipasi kejadian berulang, Jasa Marga menambah barrier beton untuk menutup celah di titik yang dipakai kendaraan untuk menerobos tersebut.

"Hari ini udah kita tutup. Itu memang ada 2 atau 3 KR yang nekat nerobos, akhirnya nyangkut karena sangat tinggi. Tadi udah kita tutup," pungkasnya.

Simak juga 'Hari Kedua Larangan Mudik, Ribuan Kendaraan Terjaring Razia di Pantura':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/mea)