Pemprov Maluku Jelaskan Viral Gubernur Bentak Protokoler Istana

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 12:29 WIB
Jakarta -

Video Gubernur Maluku Murad Ismail marah dan membentak seorang perempuan viral di media sosial (medsos). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku memberi penjelasan terkait video tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Kasrul Selang menjelaskan video viral tersebut merupakan video lama. Momen itu terjadi saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) hendak menemui korban gempa yang mengungsi di kampus Universitas Darusalam (Unidar), Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

"Saya mau klarifikasi itu video lama, itu terjadi saat Presiden Joko Widodo mengunjungi korban gempa di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah," ujar Kasrul di gedung Kantor Gubernur Maluku seperti dilansir cnnindonesia.com.

Peristiwa itu terjadi di daerah Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. Saat itu rombongan Presiden Jokowi beriring-iringan bersama mobil Gubernur Murad Ismail dan pejabat-pejabat lainnya menuju kampus Darusalam.

Di tengah perjalanan, mobil Jokowi berhenti untuk menyapa warga. Mobil Murad ada di barisan belakang. Lalu Murad turun dari mobil dan, saat hendak ke barisan depan, sempat dihadang.

"Nah, di tengah jalan, kalau nggak salah, mobil Presiden berhenti dan menyapa masyarakat. Mobil Gubernur di belakang. Saat Pak Gubernur mau jalan menuju mobil Presiden, sempat dihalangi warga," ucap Kasrul.

Dia mengatakan wanita dalam video tersebut ialah petugas protokoler Presiden. Kasrul meminta masalah tersebut tak dibesar-besarkan.

"Jadi ibu yang di video itu salah satu petugas protokol Presiden, bukan ibu-ibu di sini, di situlah sempat terjadi perdebatan, jadi bukan dibentak-bentak, namun kebetulan terjadi kemacetan," kata Kasrul.

"Sudah lama sekali, jadi nggak usah terlalu dipikirkan," tambahnya.

Dalam rekaman video yang beredar, Murad tampak berbaju putih dan memakai kacamata. Dia kemudian tampak marah dan membentak dengan suara lantang kepada seorang perempuan.

"Kamu siapa?" bentak Murad kepada seorang wanita.

Perempuan yang berada di depan Murad itu pun menjawab. Dia mengaku dari Istana.

"Saya dari Istana," kata perempuan itu.

Murad tampak marah. Dia lalu berjalan meninggalkan perempuan itu. Suara di dalam video tersebut tidak terlalu jelas. Namun dalam video tampak sejumlah mobil berbaris dalam keadaan berhenti.

Berdasarkan catatan detikcom, Jokowi sempat mengunjungi Maluku setelah terjadi gempa bumi dengan magnitudo cukup besar pada akhir Oktober 2019. Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku, pukul 19.30 WIT, Senin (28/10/2019) malam.

Keesokan harinya, berdasarkan informasi dari Humas Pemda Maluku, Jokowi, Iriana, bersama rombongan berencana mengunjungi pengungsi gempa bumi dan rumah sakit di lapangan Universitas Darussalam yang di pakai sebagai rumah sakit darurat untuk merawat pasien di Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Sebelum itu, Jokowi akan melakukan pertemuan terbatas dengan Latupati, tokoh masyarakat kabupaten/kota.

(jbr/tor)