Pertamina Borong 6 Penghargaan di Emisi Korporasi 2021

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 10:13 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

Pertamina Group berhasil menyabet 6 Penghargaan Emisi Korporasi 2021 atas upayanya dalam mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK). Acara penganugerahan ini digelar secara virtual oleh Majalah Investor dan Berita Satu Media Holding bekerja sama dengan PT Bumi Global Karbon (BGK) beberapa waktu lalu (29/4).

Adapun 6 penghargaan yang berhasil diborong Pertamina, yaitu Kategori Green Elite untuk Penurunan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non Perbankan dan Kategori Gold Plus untuk Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non Perbankan.

Sementara 4 penghargaan lainnya diberikan kepada PT Perusahaan Gas Negara (PGN), yakni Penurunan Emisi Korporasi Sektor Emiten Non Perbankan Kategori Green Elite, Penurunan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non Perbankan Kategori Green Elite, Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor Emiten Non Perbankan Kategori Silver Plus dan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non Perbankan Kategori Platinum Plus.

Pjs SVP Corporate Communication & Investor Relation Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan pihaknya menyambut positif penghargaan ini. Dia mengungkapkan Pertamina akan terus mengintensifkan langkah-langkah penurunan emisi guna mendukung target pemerintah sebesar 29 persen di tahun 2030.

"Penghargaan Emisi Korporasi 2021 menjadi bukti bahwa upaya yang dilakukan Pertamina untuk mereduksi emisi diakui stakeholder dan akan menjadi motivasi dalam mengejar target yang lebih besar," ujar Fajriyah dalam keterangan tertulis, Jumat (7/5/2021).

Diungkapkan Fajriyah, sejak tahun 2010 hingga 2020 Pertamina Group sukses mencatatkan penurunan emisi sebanyak 27,08 persen. Angka ini disebutnya melampaui target pada tahun tersebut yang sebesar 26 persen.

Fajriyah menyebut, capaian penurunan emisi GRK berkat langkah-langkah yang dilakukan pertamina dalam kegiatan operasi dan produksi, termasuk inisiatif memanfaatkan gas suar dan Program Langit Biru yang mendorong masyarakat menggunakan bahan bakar rendah emisi karbon.

Sementara itu, Direktur Pemberitaan Berita Satu Media Holdings (BSMH), Primus Dorimulu menjelaskan penurunan emisi akan berdampak positif terhadap perubahan iklim dan mengurangi emisi gas rumah kaca,sekaligus menciptakan pertumbuhan ekonomi berkualitas. Oleh karena itu perusahaan yang bisa menurunkan emisi karbon patut diapresiasi.

"Perusahaan yang bisa menurunkan emisi karbon secara berkelanjutan patut diberikan apresiasi karena sudah berkontribusi menyelamatkan bumi," katanya.

Primus memaparkan penghargaan diberikan dalam delapan gelar, yaitu Platinum Plus, Platinum, Gold Plus, Gold, Silver Plus, dan Silver untuk perusahaan yang melakukan transparansi pengungkapan perhitungan emisi. Selain itu, penghargaan dengan gelar Green Elite dan Green diberikan untuk perusahaan yang mengungkapkan adanya penurunan emisi yang mereka capai di tahun 2019.

"Perhitungan dan penurunan emisi tersebut berdasarkan data yang tertera pada laporan keberlanjutan 2019, yang terbit pada tahun 2020 serta tersedia di website official masing-masing perusahaan. Assurance untuk perhitungan emisi tersebut juga menjadi kriteria untuk dipertimbangkan dalam penilaian," tandasnya.

(ega/ega)