Petugas Adu Mulut dengan Pengendara Kena Penyekatan di Tol Bekasi Barat

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 21:33 WIB
Petugas Adu Mulut dengan Pengendara Kena Penyekatan di Tol Bekasi Barat (Fathan/detikcom)
Petugas Adu Mulut dengan Pengendara Kena Penyekatan di Tol Bekasi Barat. (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Larangan mudik mulai berlaku hari ini, polisi melakukan penyekatan di sejumlah titik. Salah seorang pengemudi menolak diputar balik oleh petugas saat hendak melewati Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 19.30 WIB, Kamis (6/5/2021), pengemudi itu diketahui bernama Fajar (36). Alasan polisi hendak memutar balik karena Fajar ber-KTP Magelang.

Kepada polisi, Fajar mengaku tinggal di daerah Tambun, Bekasi Timur. Dia mengaku baru membeli laptop di Bekasi Cyber Park (BCP).

"Saya dari BCP habis beli laptop mau pulang ke Tambun. Tambun, Bekasi, ini Bekasi. Ini notanya ada nih, saya habis dari BCP. Saya bukan mau mudik kok," ujar Fajar kepada awak media, Kamis (6/5/2021). Saat itu, Fajar sambil menunjukkan bukti pembelian laptopnya.

Dia mengaku sehari-hari bekerja di Bekasi meski ber-KTP Magelang. "Ini disuruh puter balik karena pelat saya AA, karena KTP saya juga AA, Magelang. Tapi saya kerja di sini," ucapnya.

Petugas pun memeriksa kelengkapan surat-surat mengemudi Fajar dan ternyata lengkap. Namun, Fajar tidak bisa menunjukkan surat-surat keterangan domisili di Bekasi.

Dia juga tak memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan sejumlah persyaratan lainnya agar lolos dari penyekatan larangan mudik. Jadi, petugas pun mengarahkan Fajar untuk berputar balik.

"Sebenarnya nggak merasa keganggu. Tapi kan apa ya, ini Bekasi ke Bekasi gitu lo. Kalau saya masuk Jakarta, saya pake SIKM atau saya keluar dari Bekasi saya harus pake SIKM, fair. Saya juga mendukung program pemerintah ini. Cuman kan saya dari Bekasi ke Bekasi," kata Fajar.

Adu mulut antara Fajar dan petugas sempat terjadi. Karena tak mau ada keributan, petugas akhirnya mengizinkan Fajar lewat untuk masuk ke GT Bekasi Barat.

"Ya sudahlah, kita nggak mau ribut. Biarin aja Allah Maha Tahu, kan," ujar salah seorang petugas yang melakukan penyekatan.

Simak juga '372 Kendaraan Diputar Balik dari Penyekatan Tol Japek Km 31':

[Gambas:Video 20detik]



(man/idn)