Kakorlantas soal Penyekatan Hambat Pekerja: Dinamika Operasi

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 20:20 WIB
Video beredar viral di Whatsapp
Viral Karyawan Protes Turun ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Dok. Screeshot Video)
Jakarta -

Viral video yang menunjukkan sejumlah pekerja pabrik berkerumun di Jalan Tol Cikarang Barat dan protes lantaran kendaraannya tertahan dan diminta berputar balik, padahal mereka hendak berangkat kerja. Korlantas Polri mengatakan hal tersebut terjadi karena ada miskomunikasi.

"Ada viral video di titik Cikarang Barat. Video viral tadi adalah bagian dinamika dari pada operasi ini," kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono dalam keterangan tertulis, Kamis (6/5/2021).

Istiono mengatakan pihaknya sudah merespons keluhan tersebut dan langsung merekayasa lalu lintas dengan sistem buka-tutup. Hal itu bertujuan mengakomodasi kepentingan pekerja.

"Nah, upaya-upaya yang dilakukan jajaran khususnya di Polda Metro melakukan rekayasa buka tutup satu titik. Ini adalah langkah upaya untuk memperlancar arus lalin, dan tentunya ada mobilitas masyarakat atau karyawan yang berjalan sekitar sini harus kita akomodir," jelas dia.

Menurut Istiono, perjalanan pekerja hanya terhambat sebentar. Istiono berharap hal ini tak terulang.

"Jadi kejadian pagi tadi sempat viral, namun langsung kita respons apa yang jadi keinginan masyarakat," ucap dia.

Dia juga berharap masyarakat memaklumi kejadian. Istiono menyebut akan mengakomodasi kepentingan warga.

"Mudah-mudahan ke depan masyarakat juga jadi lebih dewasa apa yang jadi kendala sampaikan saja kepada kita tentunya semua akan kita akomodir dan kita lakukan secara baik," tutur dia.

Dalam video yang beredar, sebelumnya, terlihat sejumlah orang berpakaian karyawan pabrik berdiri di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di dekat Gerbang Tol Cikarang Barat. Di dekat mereka, tampak deretan bus pengangkut para karyawan berhenti di dalam tol tersebut.

Simak video 'Penyekatan Mudik di Jembatan Cibeet Karawang Bikin Macet Panjang!':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/fjp)