KLHK Diminta Kembali Jadi Mitra Komisi VII DPR

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 19:47 WIB
Eddy Soeparno (Foto: Zhacky/detikcom)
Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eddy Soeparno (Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno, meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dikembalikan jadi mitranya. Eddy menyebut mitra Komisi VII kini hanya Kementerian ESDM usai Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dilebur ke Kemendikbud-Ristek.

"Tentu keluhan itu valid mengingat di periode sebelumnya, mitra Komisi VII termasuk diantaranya adalah Kementerian Dikti, Kementerian Dikti di tahun 2019 ini sudah dilebur kembali Kemendikbud, setelah itu Kementerian LHK pindah ke Komisi IV sekarang Kementerian Ristek pindah ke Kemendikbud Ristek. Sehingga mitra Komisi VII hanya satu, yaitu Kementerian ESDM," kata Eddy, kepada wartawan, Kamis (6/5/2021).


Eddy meminta KLHK dikembalikan menjadi mitra Komisi VII. Sebab, migas dan pertambangan memiliki keterkaitan dengan LHK.

"Oleh karena itu, kami mengimbau supaya diberikan penguatan kepada Komisi VII agar bisa kembali mendapatkan mitra-mitra dari kementerian lain, di antaranya Kementerian LHK karena memang keterkaitan dan relevansi dan kegiatan migas dan pertambangan, sangat erat dengan permasalahan lingkungan hidup," ujar Eddy.

"Termasuk kementerian lain yang dianggap relevan dengan Komisi VII. Sebagaimana disebutkan ada 33 kementerian jika 33 kementerian dibagi 11 komisi ya masing-masing komisi idealnya mendapatkan 3 menteri sebagai mitranya," lanjutnya.

Lebih lanjut, Eddy mengatakan pihaknya sudah menyampaikan hal itu ke pimpinan DPR. Dia mengatakan komunikasi dan pembahasan dengan pimpinan DPR masih berlanjut.

"Sudah kami ke pimpinan ya memang dibahas di level pimpinan dan kami berharap dalam waktu tidak terlalu lama lagi paling tidak Kementerian LHK bisa kembali ke komisi VII, pembahasan terus berjalan, komunikasi kita dengan DPR tetap berlangsung," tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.