Ada Larangan Mudik, Pertamina Tetap Pastikan Stok BBM di Ruas Tol Aman

Nurcholis Maarif - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 18:57 WIB
Pertamina
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat meningkatkan pelayanannya di SPBU, terutama yang terletak di rest area ruas Tol Jakarta-Merak, Jakarta-Cikampek (Japek), Cikopo-Palimanan (Cipali) hingga Palimanan, Kanci, dan Pejagan (Palikanci). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan yang terjadi selama Lebaran.

Seperti yang terjadi sejak siang hari ini, ruas Tol Japek terpantau padat dengan mayoritas kendaraan travel dan truk, imbas dari penyekatan larangan mudik dan titik-titik pemeriksaan oleh petugas.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan meski terdapat larangan mudik, Pertamina tetap menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas. Salah satunya melalui pemenuhan stok BBM di SPBU reguler maupun SPBU yang berada di jalur tol.

"Kami memastikan pasokan BBM di SPBU wilayah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat, terutama di jalur tol tetap optimal. Selain SPBU reguler, kami juga menyiagakan layanan tambahan untuk dapat memenuhi kebutuhan BBM masyarakat," jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (6/5/2021).

Diungkapkannya, sepanjang ruas tol Jakarta-Cikampek, Pertamina telah menyediakan SPBU di Rest Area KM 19, KM 39, dan KM 57. Sedangkan ruas tol Cikampek hingga Cirebon, SPBU berada di Rest Area KM 102, KM 166, KM 207, dan KM 228.

Pertamina juga menyiagakan fasilitas tambahan untuk masyarakat mendapatkan BBM berupa 16 armada motorist Pertamina Delivery Service (PDS) yang tersebar di Banten dan Jawa Barat, serta 2 titik mobil tangki PTO (dispenser) di ruas Tol Cipali, 9 titik layanan BBM modular, dan 51 titik SPBU kantong yang tersebar di wilayah Jawa Barat.

Adapun untuk SPBU di wilayah Banten disuplai dari Fuel Terminal Tanjung Gerem. Untuk wilayah Jabodetabek disuplai dari Integrated Terminal Jakarta. Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat di suplai dari Fuel Terminal Cikampek, Fuel Terminal Bandung Group, Fuel Terminal Tasikmalaya, serta Integrated Terminal Balongan.

(akn/ega)