Giatkan Vaksinasi, Begini Upaya Petugas di Kabupaten Bima Bujuk Lansia

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 16:59 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Jajaran TNI, Polri dan Pemerintah Daerah di Kabupaten Bima, NTB bersinergi memaksimalkan proses vaksinasi lansia. Bersama Batalyon Vaksinasinator COVID-19, ketiganya turut mengantar jemput para lansia yang ingin divaksin.

"Kali ini vaksinasi dilaksanakan di Kantor Desa Keli dan Kantor Desa Risa, Kecamatan Woha, TNI, Polri dan Pemda bergiliran antar jemput lansia yang akan divaksin," jelas Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo dalam keterangan tertulis, Kamis (6/5/2021).

Gunawan menjelaskan langkah ini merupakan upaya untuk melakukan percepatan dalam memberikan vaksin kepada lansia di Kabupaten Bima. Hal ini juga merupakan bentuk menyukseskan Kampung Sehat NTB yang diinisiasi Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal.

"Giat vaksin Lansia hari ini kita upaya maksimal dengan cara menerapkan sistem jemput bola dengan mengantar jemput para lansia yang akan divaksin, giat dilakukan bersama batalyon vaksinator yang dibentuk oleh Kabupaten Bima terdiri dari TNI Polri dan Pemda Bima," katanya.

Menurutnya, upaya tersebut membuahkan hasil, walaupun ada beberapa orang yang tidak dapat divaksin karena kondisi badan yang kurang fit. Adapun dari 38 lansia yang diantar jemput, 31 orang berhasil divaksin, sementara 7 lainnya gagal.

Polda NTB Foto: Polda NTB

Gunawan juga mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi di dua desa tersebut berlangsung cukup lama. Hal ini mengingat lokasi tempat vaksinasi dengan rumah para lansia lumayan jauh. Di samping itu, petugas juga sambil memberikan pemahaman kepada warga soal pentingnya vaksin.

"Proses vaksin di dua desa ini cukup alot karena petugas harus memberikan pemahaman terkait manfaat vaksinasi kepada para Lansia sebelum dibawa ke kantor desa, lansia yang mau divaksin langsung dibawa petugas, sedangkan lansia yang belum berkenan untuk divaksin petugas akan mendatanginya kembali untuk dibujuk sampai para lansia tersebut bersedia divaksin," tuturnya.

Ia pun berharap masyarakat dapat sadar akan pentingnya vaksin. Pasalnya, saat ini vaksin penting untuk mengurangi penyebaran COVID-19 di Bima.

"Jangan takut untuk divaksin ini juga untuk melindungi kita dan untuk mengurangi penyebaran COVID-19," ujarnya.

Polda NTB Foto: Polda NTB

Sebagai informasi, berdasarkan data sementara per hari ini, terdapat 1.446 lansia yang sudah di vaksin dosis I dan 254 orang lansia telah divaksin dosis ke II. Sedangkan, sebanyak 912 lansia belum di vaksin dosis I dan 2.104 lansia belum mendapat vaksin dosis II.

Hingga saat ini, total keseluruhan jumlah lansia yang telah divaksin dosis I dan dosis II sebanyak 1.700 lansia dari target 2.358 orang di Kabupaten Bima.

(akn/ega)