Zakat Fitrah Berapa Rupiah atau Kg Beras? Segini yang Harus Diberikan

Rahma I Harbani - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 15:57 WIB
Selective focus of rice, money, coins and calculator on wooden background.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Mohamad Faizal Bin Ramli/Zakat Fitrah Berapa Rupiah atau Kg Beras? Segini yang Harus Diberikan
Jakarta -

Salah satu amalan yang diperintahkan Rasulullah SAW di bulan Ramadhan adalah menunaikan zakat fitrah.

Perintah ini ditujukan kepada umat muslim yang mampu sebagai bentuk bantuan untuk meringankan saudara yang kurang mampu. Kewajiban zakat fitrah juga dinukil dari hadits Ibnu Umar RA yang berbunyi:

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha' kurma atau satu 'sha gandum atas umat muslim, baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau SAW memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk sholat." (HR. Bukhari Muslim).

Waktu pelaksanaan zakat fitrah disunnahkan dari bulan awal bulan suci Ramadhan hingga sebelum pelaksanaan Sholat Ied. Bila ditunaikan setelah Sholat ied selesai, maka dianggap sebagai sedakah biasa. Lantas berapa besaran zakat fitrah yang harus ditunaikan?

Sebelum masuk dalam besaran zakat fitrah, ada baiknya kita harus memahami syarat-syarat wajib zakat fitrah terlebih dahulu, di antaranya:

1. Beragama Islam

2. Mempunyai harta yang berlebih (mampu)

Berapa besaran zakat fitrah?

Melansir dari laman resmi BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional), besaran zakat fitrah yang harus ditunaikan adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Besaran tersebut harus sesuai dengan kuantitas beras atau makanan pokok yang kita konsumsi sehari-hari.

Apakah boleh membayar zakat dengan uang?

Boleh. Sebagai ganti pemberian barang berupa beras atau makanan pokok, Ulama Shaikh Yusuf Qardawi telah membolehkan zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha' gandum, kurma atau beras.

Nominal zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang juga menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.

Untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, berdasarkan SK Ketua BAZNAS No. 7 Tahun 2021 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah telah ditetapkan bahwa nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp 40.000 per hari/jiwa.

Contoh membayar zakat fitrah dapat dilihat pada halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2