Spotlight

Membedah Fenomena 'Kekaisaran Sunda Nusantara' yang Bikin Geger

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 10:37 WIB
Kendaraan Mitsubishi Pajero bernomor polisi SN-45-RSD yang dikendarai oleh pria bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang. Pria tersebut mengaku sebagai Jenderal Muda di Negara Kekaisaran Sunda Nusantara (Dok Polda Metro Jaya)
Kendaraan Mitsubishi Pajero bernomor polisi SN-45-RSD yang dikendarai oleh pria bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang. Pria tersebut mengaku sebagai Jenderal Muda di 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' (Dok Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Lagi-lagi fantasi terhadap keberadaan kerajaan fiktif tersorot kembali. Terbaru, ada seorang sopir yang mempunyai SIM dan STNK 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara'. Lantas fenomena apakah ini?

Sebagaimana diketahui, kehebohan 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' ini bermula saat sebuah mobil Mitsubishi Pajero Sport disetop polisi saat melintas di Km 3 Tol Cawang, Rabu (5/5) kemarin siang. Polisi menyetop mobil tersebut karena memasang pelat nomor tak lazim pada kendaraan.

Mobil tersebut saat itu mengarah ke Bogor. Selain pengemudi, ada satu orang penumpang lainnya di dalam kendaraan warna hitam itu.

Mobil yang dikemudikan oleh Rusdi Karepesina (55) itu berpelat warna biru dengan nomor SN-45-RSD. Polisi yang menaruh kecurigaan atas pelat nomor tersebut kemudian menghentikan kendaraan tersebut dan memeriksa pengemudi.

Saat diperiksa polisi, Rusdi Karepesina tidak dapat menunjukkan surat-surat kelengkapan kendaraan yang sah. Rusdi Karepesina justru menunjukkan STNK dan SIM yang bukan produk Polri.

"Kendaraan Mitsubishi Pajero tersebut menggunakan pelat nomor yang tidak sesuai dengan standar tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang dikeluarkan oleh Polri dan menggunakan pelat nomor SN-45-RSD," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (5/5/2021).

Saat diperiksa, Rusdi Karepesina menunjukkan SIM dan STNK yang dikeluarkan 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara'. Rusdi Karepesina juga memiliki identitas semacam KTP produk Kekaisaran Sunda Nusantara.

"Selanjutnya ketika dilakukan pemeriksaan kepada pengemudi, maka ditemukan berbagai kartu identitas yang dikeluarkan oleh 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara," imbuhnya.

Tidak hanya itu, mobil tersebut juga ditempeli stiker logo 'Kekaisaran Sunda Nusantara'. Ada tiga buah stiker 'Kekaisaran Sunda Nusantara' yang ditempelkan pada kendaraan tersebut.

"Dia ngakunya warga Kekaisaran Sunda Nusantara. Kaya Sunda Empire gitu," kata Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal saat dihubungi detikcom, Rabu (5/5/2021).

Dari foto yang diterima detikcom, pengemudi bernama Rusdi Karepesina ini merupakan warga kelahiran Ambon. Pada kartu identitas, tercantum keterangan jabatan Rusdi Karepesina sebagai seorang jenderal pertama.

"Jenderal Pertama TKSN/ Imperial Army of Sunda Archipelago," demikian keterangan di foto.

Selanjutnya
Halaman
1 2