Protes Banyak Travel Gelap, Sopir Elf Cianjur Datangi Pos Polisi

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 02:06 WIB
Sopir elf protes travel gelap ke pos polisi di Cianjur.
Foto: Ismet Selamet
Canjur -

Sejumlah sopir elf di Kabupaten Cianjur datangi Pos TMC Satlantas Polres Cianjur. Mereka meminta polisi menindak travel gelap, sebab dikhawatirkan menimbulkan perselisihan.

Berdasarkan pantauan, Rabu (5/5/2021), sekitar pukul 23.00 WIB, ada sebanyak 10 orang perwakilan sopir elf yang mendatangi TCM Satlantas Polres Cianjur atau pos 9 Cepu.

Dedi Suherlan, perwakilan sopir elf jurusan Cianjur-Sindangbarang, mengatakan, banyaknya travel gelap sangat merugikan para sopir elf.

"Semakin hari jumlah travel gelap di Cianjur bertambah. Jelas berdampak bagi kendaraan umum yang resmi seperti kami, penghasilan kita menurun drastis hingga 80 persen," ujarnya, Rabu (5/5/2021).

Dia mengaku jika sebelumnya para sopir elf setiap hari bisa beroperasi membawa penumpang, bahkan di momentum ramadan penumpang lebih banyak.

"Kalau dulu setiap hari dapat penumpang, kalau sekarang ngetem tiga hari di terminal saja belum tentu dapat penumpang," katanya.

Mereka khawatir jika para travel tersebut dibiarkan akan memicu kemarahan para sopir elf. Tak hanya itu, disebut bakal ada perselisihan atau konflik lebih besar.

"Khawatir sekali karena jika dibiarkan kemarahan sopir elf akan memuncak yang dapat menimbulkan perselisihan. Kami datang ke TMC juga sekaligus meredam rekan-rekan supaya tidak bertindak sendiri dan berkonfik," ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Cianjur Kompol Alan, menjelaskan pihaknya akan mengarahkan para sopir elf untuk melakukan mediasi terlebih dahulu.

"Kita arahkan untuk mediasi dulu, karena soal penyelesaian travel gelap bukan hanya polisi saja tapi juga Dishub terkait trayek dan sebagainya," ungkap Alan.

Dia menambahkan, jika memang pihaknya menemukan para sopir travel gelap melanggar akan dilakukan penindakan terhadap mereka. "Kita akan tindak jika memang nanti ditemukan," katanya.

(aik/aik)