Pelat Asli Mobil 'Jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara': B-8462-BP

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 21:06 WIB
Mobil Pajero berpelat biru dengan nopol SN-45-RSD ditilang polisi
Mobil Pajero berpelat biru dengan nopol SN-45-RSD ditilang polisi. (Dok. Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Ditlantas Polda Metro Jaya telah melakukan cek fisik mobil Pajero yang dikemudikan Rusdi Karepesina (55), yang mengaku jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara. Hasil pengecekan mobil tersebut teregister di Polda Metro Jaya.

"Kalau nomornya aslinya itu setelah kita teliti adalah B-8462-BP," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Polisi awalnya menyetop kendaraan Rusdi di Tol Cawang setelah diketahui menggunakan pelat biru bernomor SN-45-RSD. Kendaraan tersebut disetop karena pelat nomornya tidak sesuai ketentuan.

Menurut Sambodo, dari keterangan asli kendaraan tersebut diketahui pemilik mobil itu berdomisili di daerah Jakarta Timur. Namun Sambodo enggan memerinci identitas dari pemilik asli kendaraan tersebut.

"Nama pemilik tidak bisa kami sampaikan," ujarnya.

Saat ditilang polisi, Rusdi tidak mampu menunjukkan surat-surat resmi mobilnya. Dia hanya menunjukkan SIM dan STNK yang dikeluarkan oleh 'Kekaisaran Sunda Nusantara'.

Dia bersikeras surat itu resmi sehingga seharusnya polisi tidak bisa menilangnya. Rusdi juga mengaku sebagai jenderal di Kekaisaran Sunda Nusantara tersebut.

"Kalau menurut petugas yang menangkap yang mengamankan pada saat diperiksa pengemudi ngotot bahwa dia menggunakan STNK dan SIM yang sah menurut Kerajaan Nusantara," jelas Sambodo.

Mobil milik Rusdi kini telah disita di Polda Metro Jaya. Subdit Kamneg (Keamanan Negara) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya kini tengah mendalami soal 'Kekaisaran Sunda Nusantara'.

"Perkara ini kita koordinasikan juga dengan pihak Reserse untuk tentukan untuk berkoordinasi apakah ada pelanggaran pidana dengan adanya surat-surat seperti ini. Kemudian ke depan kita juga akan coba koordinasikan dengan Biddokes untuk kita periksa kejiwaannya," pungkas Sambodo.

Simak video 'Pemobil Bernopol Nyeleneh Ditilang, Ngaku Jenderal Kekaisaran Sunda':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)