Wagub DKI Siap Patuhi Jokowi Tidak Gelar Open House Lebaran

Tiara Aliya - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 16:47 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Tiara/detikcom)
Jakarta -

Mendagri Tito Karnavian menerbitkan surat edaran yang melarang kepala daerah menggelar open house dan membatasi kegiatan buka puasa bersama (bukber). Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan pihaknya akan mematuhi keputusan tersebut.

"Kan sudah diatur. Presiden sudah minta jangan ada open house, tidak ada buka puasa. Kita semua pejabat enggak pernah bikin buka puasa, di sini, di kantor atau buka puasa bersama," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (5/5/2021).

Politikus Gerindra itu mempersilakan warga untuk melapor apabila terjadi pelanggaran. Riza memastikan pemberian sanksi tak pandang bulu.

"Pengawasannya masyarakat jadi pengawas, semua masyarakat bisa jadi pengawas kalau ada yang melanggar silakan laporkan. Nanti aparat yang mempunyai kewenangan yang akan menindak dan memberi sanksi siapa saja yang melanggar," tegasnya.

"Apakah orang per orang, institusi, restoran, tempat pariwisata, apapun yang melanggar tentu akan diberi sanksi aparat yang berwenang. Pengawasannya tentu ada. Masyarakat juga bagian dari pengawas dengan cara memberikan informasi bila ada yang melanggar lalu yang bertindak yang memiliki kewenangan," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, Mendagri Tito menerbitkan surat edaran baru untuk kepala daerah. SE 800/2794/SJ itu tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadhan dan Pelarangan Open House/Halal Bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021.

"Diminta kepada Saudara Gubernur, Bupati/Walikota mengambil langkah-langkah sebagai berikut: melakukan pembatasan kegiatan buka puasa bersama, tidak melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah 5 (lima) orang selama Bulan Ramadhan 1442 H/Tahun 2021," demikian bunyi poin 1a di edaran tersebut.

Sementara itu, isi poin 1b "Menginstruksikan kepada seluruh pejabat/ASN di daerah, dilarang melakukan open house/Halal bi Halal dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021," demikian bunyinya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga meminta para menteri Kabinet Indonesia Maju tidak mengadakan buka puasa bersama. Selain itu, Jokowi meminta jajarannya tak menggelar open house saat Lebaran.

Hal itu disampaikan juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman. Fadjroel menyampaikan pernyataan Jokowi itu melalui akun Twitternya, Selasa (13/4/2021).

"Presiden @jokowi memberikan arahan kepada Kabinet Indonesia Maju, semua Kementerian/Lembaga, untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama dan Open House pada Ramadhan dan Idhul Fitri 1442H/2021M," tulis Fadjroel.

Simak video 'Suasana Thamrin City Diserbu Pembeli Jelang Idul Fitri':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)