Dijaga TNI-Polri, Begini Suasana Stasiun Tanah Abang Pagi Ini

Kadek Melda Luxia - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 10:11 WIB
Suasana Stasiun Tanah Abang Pagi Ini Lengang
Suasana Stasiun Tanah Abang Pagi Ini Lengang (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Stasiun Tanah Abang menutup perjalanan selama empat jam, pukul 15.00-19.00 WIB, imbas terjadi penumpukan penumpang. Pagi ini Stasiun Tanah Abang terpantau lengang.

Pantauan detikcom, di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (5/5/2021), pukul 09.30 WIB, personel TNI-Polri dan Satpol PP berjaga di luar area stasiun. Sementara petugas keamanan stasiun berjaga di dekat tempat tap kartu pintu masuk stasiun.

Keramaian penumpang sesekali terlihat saat kereta tiba. Setelahnya situasi kembali lengang. Terlihat mobil petugas TNI-Polri bersiaga di luar area stasiun Tanah Abang.

Petugas TNI-Polri dan Satpol PP sesekali terlihat berkeliling area stasiun. Mereka berkeliling mengecek situasi penumpang di luar area stasiun hingga ke area pedestrian.

Diketahui, stasiun Tanah Abang tidak akan menaikkan dan menurunkan penumpang mulai pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menjabarkan pelayanan penumpang dari arah Rangkasbitung, Parung Panjang, hingga Serpong hanya sampai Stasiun Palmerah. Kemudian untuk penumpang dari arah Bogor, Depok, Nambo-Angke, hingga Jatinegara PP tidak akan melayani naik-turun penumpang dari Stasiun Tanah Abang.

Terkini, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberikan akses pengguna KRL dari stasiun lainnya untuk bisa transit atau berganti kereta di Stasiun Tanah Abang. Meski demikian, penumpang tetap tidak bisa keluar dari Stasiun Tanah Abang.

"Berdasarkan evaluasi terhadap pelaksanaan penyesuaian layanan di hari pertama ini, maka mulai Selasa (4/5) pengguna KRL akan diizinkan transit atau berganti kereta di Stasiun Tanah Abang. Meskipun demikian, Stasiun Tanah Abang tetap tidak melayani pengguna yang hendak keluar maupun masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00 WIB," ungkap VP Corporate Secretary KCI, Anne Purba.

Tonton juga Video: PT KCI Berharap Ada Evaluasi dari Operasional Pasar Tanah Abang

[Gambas:Video 20detik]

(maa/maa)