Round-Up

Jejak Penerimaan Suap Puluhan Miliar Eks Pejabat Ditjen Pajak

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 04:37 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi suap (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Angin Prayitno Aji berstatus dicekal oleh Imigrasi sejak awal Februari lalu. Mantan pejabat di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"KPK benar telah mengirimkan surat kepada Ditjen Imigrasi untuk melakukan pelarangan ke luar negeri terhadap beberapa pihak terkait perkara ini," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (4/3/2021). Hal itu disampaikan Ali menjawab pertanyaan mengenai benarkah orang yang dicegah bernama Angin Prayitno Aji.

Pencekalan itu diduga terkait penyidikan KPK dalam kasus dugaan suap pengurusan pajak di Ditjen Pajak. "Pencegahan ke luar negeri tersebut tentu dalam rangka kepentingan kelancaran proses penyidikan agar apabila dibutuhkan untuk kepentingan pemeriksaan mereka sedang berada di dalam negeri," imbuhnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian DJP itu pun akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. Pada akhir April kemarin, Angin Prayitno Aji diperiksa sebagai saksi dugaan korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait pemeriksaan perpajakan tahun 2016- 2017 pada Ditjen Pajak.

Usai memeriksa Angin Prayitno Aji, KPK menyampaikan penyidik mencecar tersangka soal dugaan suap saat pemeriksaan pajak pada 2016 dan 2017.

"Selain itu, penyidik mengkonfirmasi mengenai pengetahuan Saksi soal dugaan adanya penerimaan sejumlah uang saat pemeriksaan perpajakan tahun 2016 dan 2017 tersebut," kata Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (29/4).

Angin juga dimintai konfirmasi soal tugasnya saat melakukan pemeriksaan pajak. Ali menyebut Angin diperiksa sebagai saksi.

"Angin Prayitno Aji diperiksa sebagai saksi. Yang bersangkutan dikonfirmasi antara lain terkait dengan tupoksi saksi dalam melakukan pemeriksaan perpajakan tahun 2016 dan 2017," ujar Ali.

KPK kemudian menahan Angin Prayitno Aji pada Selasa (4/5/2021). Pantauan detikcom, pukul 16.25 WIB, Angin Prayitno tampak mengenakan rompi oranye tahanan KPK. Dia berjalan dari ruang pemeriksaan sebelum KPK menggelar konferensi pers penahanannya.

Ketua KPK, Firli Bahuri menyebut Angin Prayitno ditetapkan sebagai tersangka bersama lima orang lainnya, yakni:

1. Kepala Subdirektorat Kerjasama dan Dukungan Pemeriksaan pada Direktorat Jenderal Pajak, Dadan Ramdani (DR)
2. Konsultan Pajak, Ryan Ahmad Ronas (RAR)
3. Konsultan Pajak, Aulia Imran Maghribi (AIM)
4. Kuasa Wajib Pajak, Veronika Lindawati (VL)
5. Konsultan Pajak, Agus Susetyo (AS)

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: Eks Pejabat Ditjen Pajak Angin Prayitno Jadi Tersangka Kasus Suap

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2