Jelang Larangan Mudik, Polda Metro Kembali Tangkap 22 Travel Gelap

Fathan - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 23:40 WIB
Polisi mengamankan 115 kendaraan yang digunakan untuk travel gelap. Kendaraan ini nekat membawa pemudik meski ada larangan mudik.
Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya gencar menindak angkutan travel gelap jelang larangan mudik. Kali ini Polda Metro Jaya kembali mengamankan 22 travel gelap dari beberapa lokasi.

"Ada 22 lagi travel gelap yang diamankan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat ditemui, Selasa (4/5/2022).

Yusri mengatakan puluhan travel gelap itu ditangkap karena melanggar izin trayek sebagaimana diatur di Pasal 308 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

"Mobil itu misalnya pelat hitam itu kan mobil pribadi, tapi dia pakai untuk umum, terima bayaran, kan nggak boleh namanya. Itu dikatakan travel gelap," ucap Yusri.

Travel gelap tersebut disita polisi setelah larangan mudik berakhir pada 17 Mei. Setelah itu, kendaraan-kendaraan tersebut baru dikembalikan kepada para pemiliknya.

"Harus diingatkan, tolong sama-sama para pengusaha-pengusaha yang spekulasi bermain di travel gelap ini, yang dengan menggunakan medsos dan juga daring untuk bisa mengundang konsumen, berhenti! Kami harapkan. Kami akan tindak tegas dan terukur, tapi humanis tentunya," jelas Yusri.

Diketahui, Ditlantas Polda Metro Jaya mulai menindak travel gelap yang membawa penumpang mudik ke luar Jadetabek. Sejak pengetatan larangan mudik, Polda Metro Jaya sudah mengamankan setidaknya 115 travel gelap di beberapa lokasi.

"Ada 115 kendaraan travel, ini travel gelap yang berupaya mengangkut penumpang keluar dari Jakarta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Sebanyak 115 travel gelap itu terjaring razia pada 27-28 April 2021 di sejumlah titik di ruas jalan tol, arteri, hingga jalur tikus yang kerap digunakan travel gelap untuk mengangkut penumpang.

(mei/eva)