Besok Sore Stasiun Tanah Abang Masih Hanya Layani Transit Penumpang KRL

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 23:07 WIB
KRL tak akan berhenti di Stasiun Tanah Abang pada pukul 15.00 hingga 19.00 WIB. Kebijakan ini diputuskan imbas kerumunan di Pasar Tanah Abang akhir pekan lalu.
Stasiun Tanah Abang (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

PT KAI Commuter Indonesia (KCI) meminta Pemprov DKI Jakarta kembali mengevaluasi operasional Pasar Tanah Abang. KCI menilai kepadatan penumpang di KRL disebabkan aktivitas warga di Pasar Tanah Abang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan Stasiun Tanah Abang belakangan menjadi stasiun paling sibuk melayani penumpang. Sebab banyaknya warga yang berkunjung ke Pasar Tanah Abang untuk berbelanja.

"Sebenarnya kan konsentrasi kemarin itu adalah pengunjung (Pasar) Tanah Abang yang meningkat, akhirnya ini menjadi salah satu stasiun sibuk dan meningkat penumpangnya," kata Anne Purba kepada wartawan di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (4/5/2021).

Buntut dari membeludaknya pengunjung di Pasar Tanah Abang membuat aturan ganjil genap tutup kios diberlakukan. Pada kios di lantai ganjil harus tutup pukul 16.00 WIB dan kios di lantai genap tutup pukul 17.00 WIB.

Namun, Anne Purba menilai hal itu dirasa belum cukup membendung animo masyarakat untuk datang ke Pasar Tanah Abang menjelang lebaran. Aturan tersebut diminta untuk kembali dievaluasi.

"Jadi semoga ada evaluasi juga dari operasional pasar sehingga transportasi ini bisa tetap melayani orang yang benar-benar commuter yang gunakan ini setiap hari untuk bekerja," ucapnya.

Lebih jauh, Anne menjelaskan besok operasional KRL di Stasiun Tanah Abang akan tetap sama yakni tidak melayani penumpang di pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB. Pada jam tersebut, Stasiun Tanah Abang hanya melayani transit saja.

"Untuk transit masih diberlakukan besok, karena hari ini sudah kondusif dan kami akan melihat juga bagaimana pengunjung Tanah Abang," ujarnya.

Anne mengatakan dengan hanya melayani penumpang transit atau berpindah kereta di Stasiun Tanah Abang dapat mengurai kepadatan di sejumlah stasiun alternatif. Menurutnya, hari ini total ada sekitar 350 ribu pengguna KRL hingga pukul 18.00 WIB di seluruh stasiun.

"Jadi hari ini kita lihat ada penurunan tetapi tidak signifikan hanya dengan adanya kebijakan dan evaluasi untuk tetap melakukan transit di sini itu tetap membantu sekali di stasiun yang lain," katanya.

Seperti diketahui, Stasiun Tanah Abang mulai hari ini tidak akan menaikkan dan menurunkan penumpang mulai pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB. Kebijakan tersebut merupakan imbas kerumunan di Pasar Tanah Abang dua hari lalu.

"Mulai hari Senin, 3 Mei 2021, Stasiun Tanah Abang tidak melayani pengguna keluar-masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo melalui pesan singkat, Minggu (2/5).

Syafrin menjabarkan pelayanan penumpang dari arah Rangkasbitung, Parung Panjang, hingga Serpong hanya sampai Stasiun Palmerah. Kemudian untuk penumpang dari arah Bogor, Depok, Nambo-Angke, hingga Jatinegara PP tidak akan melayani naik-turun penumpang dari Stasiun Tanah Abang.

"Pengguna diwajibkan naik turun dari Stasiun Karet, Duri, atau Angke," lanjut Syafrin.

(fas/jbr)