Perempuan Bersuami Aborsi di Toilet Mal Tangsel, Pelaku Diciduk

Rahmat Fathan - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 20:18 WIB
Mother and child. Wooden figure on brown paper background. Pregnancy, abortion or adoption concept.
Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/maurusone)
Tangerang Selatan -

Seorang perempuan berinisial SI (27) ditangkap polisi lantaran melakukan aborsi. SI melakukan aborsi di toilet sebuah mal di kawasan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Imanuddin mengatakan kasus ini berawal dari penemuan mayat bayi berjenis kelamin perempuan pada Selasa (27/4). Mayat bayi tersebut ditemukan di tempat sampah dengan terbungkus kantong plastik hitam.

"Kemudian, saat dilakukan olah TKP, penyidik dapat menyimpulkan dan menemukan tersangkanya. Lalu selanjutnya telah dilakukan penangkapan terhadap seorang yang diduga telah melakukan tindak pidana yang menggugurkan kandungannya dan membuang bayinya di tempat sampah di salah satu pusat perbelanjaan di wilayah hukum Polres Tangsel," ujar Iman di Mapolres Tangsel, Selasa (4/5/2021).

Menurut Iman, SI diringkus tak lama setelah melakukan aborsi. Saat diamankan, SI mengaku mengaborsi kandungannya yang berusia 6 bulan itu dengan mengonsumsi obat-obatan yang dibelinya secara daring.

"Modus menggunakan obat yang dibeli online dan kemudian diminum untuk menggugurkan kandungannya," ucap Iman.

Lebih lanjut Iman mengatakan perempuan tersebut sudah memiliki suami. Namun polisi memastikan suaminya tidak terlibat dalam kasus aborsi tersebut.

"Hasil pemeriksaan penyidik untuk saat ini (aborsi dilakukan atas) inisiatif sendiri tanpa diketahui suami," ujarnya.

Kepada polisi, SI mengaku menggugurkan kandungannya karena terbebani masalah ekonomi.

"(Motif) karena tidak ingin membebani keluarga dan suaminya," ucapnya.

SI kini ditahan di Mapolres Tangsel atas kasus itu. Dia dijerat dengan Pasal 341, 342, dan 346 KUHP.

"Yang bersangkutan dikenai Pasal 341, 342, dan 346 KHUP dengan ancaman pidana maksimal sembilan tahun penjara," kata Iman.

(mea/mea)