Rumah Pengusaha Kuliner di Mojokerto Terbakar, Pemkot Beri Bantuan

Nurcholis Maarif - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 19:30 WIB
Pemerintah Kota Mojokerto memberikan bantuan kepada warga Kauman yang mengalami musibah kebakaran rumah pada Sabtu (1/5/) lalu.
Foto: Dok. Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Pemerintah Kota Mojokerto memberikan bantuan kepada warga Kauman yang mengalami musibah kebakaran rumah pada Sabtu (1/5/) lalu. Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mendatangi rumah korban kebakaran di Jalan Brawijaya, Kelurahan Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon tadi pagi.

Bantuan dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) dengan Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemerintah Kota Mojokerto diberikan kepada Suhermin, warga yang terdampak kebakaran. Bantuan tersebut berupa etalase, kursi, tabung LPG, terpal, kulkas, perlengkapan makan serta modal usaha senilai Rp 4 juta.

Melalui bantuan ini, Ning Ita berharap agar korban tidak putus asa dan kembali bangkit dengan berjualan kembali. Tidak hanya itu, ia juga memerintahkan Baznas Kota Mojokerto agar bergerak cepat dalam memberikan dukungan.

"Hari ini, kami memberikan sedikit bantuan kepada Ibu Suhermin, pengusaha kuliner yang mengalami musibah kebakaran rumah," ujar dia dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

"Kami prioritaskan untuk pemberian bantuan modal usaha, peralatan-peralatan agar bisa kembali membuka usaha kulinernya, sembari nanti kami masih melakukan penghitungan untuk bantuan pembangunan kembali rumahnya, bersinergi dengan Baznas Kota Mojokerto," imbuh Ning Ita, sapaan akrabnya.

Diungkapkannya, musibah yang kebetulan terjadi seperti ini tentu menyisakan sebuah duka yang mendalam. Sebab di saat Idul Fitri biasanya kita ada silaturahmi saling berkunjung antar keluarga handai taulan, namun ternyata Allah berkehendak memberikan musibah sedemikian rupa.

"Ini merupakan bentuk dukungan dan perhatian kami kepada warga yang terkena musibah. Semoga musibah ini dapat menjadi pelajaran kita semua untuk lebih berhati-hati saat di luar rumah maupun sedang berada di rumah. Semoga Ibu Suhermin sekeluarga diberikan kekuatan lahir batin untuk tetap bisa kuat sembari menunggu bantuan-bantuan dari yang lain," harap wali kota perempuan pertama di Mojokerto ini.

Kedua mata Ibu Suhermin berkaca-kaca meneteskan air mata ketika berbincang dengan Ning Ita. "Saya sangat berterima kasih dengan perhatian dan bantuan Bu Wali Kota dan semua instansi," ucap Ibu Suhermin.

Menurutnya, kerukunan dan keguyuban warga menjadi penyemangat dirinya untuk bangkit memulai usahanya kembali. Saat ini, ia dan keluarganya menumpang di kediaman adiknya yang bersebelahan dengan rumahnya.

"Insyaallah hari Lebaran kedua saya akan jualan lagi," ujarnya.

Sebagai informasi, kebakaran rumah warga terjadi pada Sabtu (1/5/2021) malam di Jalan Brawijaya. Enam unit mobil pemadam kebakaran (PMK) dikerahkan untuk menjinakkan api yang melalap seisi rumah. Pada saat kejadian, Wali Kota Ning Ita sempat meninjau lokasi tempat kejadian. Beruntung, kebakaran itu tidak memakan korban jiwa.

(akn/ega)