Vaksinasi Lansia Capai 100% di Beberapa Kabupaten Provinsi NTB

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 17:23 WIB
Polda NTB
Foto: dok. Polda NTB
Jakarta -

Wakil Gubernur NTB bersama Kapolda NTB dan Danrem 162/WB mengadakan Rapat Koordinasi Analisa dan Evaluasi Percepatan Vaksinasi Lansia dan Optimalisasi Penanganan COVID-19 di Provinsi NTB. Diketahui, Rapat Koordinasi yang bertempat di Tenda Putih Polda NTB ini juga membahas progres vaksinasi lansia di NTB yang kian meningkat.

Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal mengatakan, sebelumnya di Rapat Koordinasi pada Kamis (22/4) progres vaksinasi terhadap lansia yang ada di Provinsi NTB jumlahnya masih sangat minim yakni hanya sejumlah 31%.

Namun pada Rapat Koordinasi kali ini, ia menyebutkan progres vaksinasi terhadap lansia meningkat pesat menjadi 71%, bahkan di beberapa kabupaten telah mencapai angka 100% lebih. Hal ini ia sampaikan berdasarkan paparan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

"Alhamdulillah dengan upaya yang kita lakukan bersama seluruh stakeholder dengan menggerakkan seluruh mesin yang ada, dengan upaya inovasi yang proaktif 'jemput bola' terhadap lansia yang ada, kami di Provinsi NTB dapat meningkatkan laju vaksinasi terhadap lansia," ujar Iqbal dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

Iqbal mengungkap Danrem 162/WB turut mengapresiasi kinerja masing masing stakeholder terkait lonjakan progres vaksinasi terhadap lansia yang telah mencapai 71% di Provinsi NTB.

Polda NTBPolda NTB Foto: dok. Polda NTB

Lebih lanjut, Iqbal memaparkan terdapat 6 kabupaten yang telah memenuhi target dalam upaya vaksinasi terhadap lansia dari seluruh kabupaten dan kota di NTB. Adapun keenam kabupaten itu antara lain Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, dan Dompu.

Ia menambahkan untuk 4 kabupaten/kota lainnya yaitu Mataram, Sumbawa, Bima dan Bima Kota belum memenuhi target terutama di Kota Mataram. Iqbal menilai hal ini disebabkan jumlah lansia di daerah tersebut paling banyak dibandingkan kabupaten/kota lainnya yakni berjumlah 26 ribu orang lebih.

Oleh karena itu, kata Iqbal, jajaran Polda NTB dan Korem 162/WB akan membantu Pemerintah Kota Mataram dalam mempercepat penanganan vaksinasi terhadap lansia tersebut agar sebelum Idul Fitri telah mencapai target 100%.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah menyampaikan pihaknya akan mendorong upaya untuk memaksimalkan progres vaksinasi lansia di NTB.

"Kami akan dorong kembali dengan upaya maksimal beberapa kabupaten yang belum maksimal dalam mencapai target vaksinasi terhadap lansia di Provinsi NTB agar sebelum Idul Fitri dapat mencapai target 100%," ungkapnya.

Sebagai informasi, Rapat Koordinasi ini dihadiri juga oleh Asisten 1 dan Asisten 3 Setda Prov. NTB, Kadis Kesehatan Prov. NTB, PJU Polda NTB yang ditunjuk sedangkan Kapolres/ta Jajaran Polda NTB serta Bupati/Walikota Se-Prov. NTB, Dandim Jajaran Korem 162/WB, Kadis Kesehatan Tingkat Kab/Kota Se-Prov. NTB dan Kepala Puskesmas Se-Prov. NTB mengikuti melalui video conference Polres/ta masing-masing.

(prf/ega)