PDIP Nilai Top 3 Capres Jadi Pertanda 'Peta ke Depan di Rel yang Sama'

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 14:27 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno
Hendrawan Supratikno (Eva/detikcom)
Jakarta -

Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan top 3 capres 2024 yang memunculkan nama Joko Widodo (Jokowi), Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Elite PDIP Hendrawan Supratikno menganggap hasil survei ini menjadi pertanda 'peta ke depan di rel yang sama'.

Hendrawan awalnya menjelaskan soal hasil survei Litbang Kompas cukup menarik. Masa jabatan Jokowi yang sudah dua periode, kata Hendrawan, tak diperhitungkan responden dalam survei ini.

"Hasil yang menarik. Ada apresiasi terhadap kinerja Pak Jokowi, sehingga responden tidak memperhitungkan bahwa Pak Jokowi--dalam konteks konstitusi yang sekarang berlaku--tidak bisa mencalonkan diri lagi," kata Hendrawan kepada wartawan, Selasa (4/5/2021).

Dia menilai responden tak melihat aturan dalam konstitusi yang menutup kemungkinan Jokowi menjadi presiden di periode ketiga. Meski demikian, kata Hendrawan, Jokowi bisa saja menjadi presiden lagi jika ada amandemen UUD 1945.

"Baca frasa saya 'dalam konteks konstitusi yang sekarang berlaku'. Bila MPR melakukan amandemen tentang masa jabatan presiden, tentu harus kita lihat lagi konteksnya," ujar politikus senior PDIP ini.

Hendrawan kemudian bicara soal pertanda yang muncul dari hasil survei Litbang Kompas. Hendrawan menganggap ada pertanda 'peta ke depan di rel yang sama'.

"Juga menarik, karena hasil survei juga menyiratkan arti penting keberlanjutan. Ada harapan dari masyarakat bahwa 'peta jalan ke depan' hendaknya ada di rel yang sama," sebutnya.

Namun Hendrawan tak menjelaskan maksud peta ke depan hendaknya di rel yang sama. Dia mempersilakan masyarakat menerjemahkan maksud ucapannya.

Nama Jokowi sebelumnya masih difavoritkan menjadi capres meski sudah 2 periode menjabat presiden. Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan menyusul di bawahnya.

Hasil ini terungkap dalam survei Litbang Kompas yang dirilis pada Selasa (4/5). Survei digelar pada 13-26 April 2021 melalui wawancara tatap muka. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak di 34 provinsi. Margin of error penelitian sebesar +- 2,8 persen.

Responden diberi pertanyaan 'jika pemilu presiden dilakukan saat ini, menurut Anda siapakah tokoh yang paling layak menjadi presiden?'. Berikut ini jawabannya:

Joko Widodo: 24%
Prabowo Subianto: 16%
Anies Baswedan: 10%
Ganjar Pranowo: 7%
Sandiaga Uno: 4%


Ridwan Kamil: 3%
Agus Harimurti Yudhoyono: 3%
Basuki Tjahaja Purnama: 3%
Tri Rismaharini: 2%
Gatot Nurmantyo: 2%
Mahfud Md: 1%
Lainnya: 2%
Belum ada/rahasia: 21%

Simak Video: Masuk 5 Besar Survei Capres 2024, RK: Belum Ada Janur Kuning

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/haf)