WNA Pembawa Corona Mutasi Afrika Selatan di Bali Sudah Meninggal

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 10:06 WIB
Jakarta -

Satu kasus virus Corona varian B1351, mutasi Afrika Selatan ditemukan di Bali. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengkonfirmasi warga negara asing (WNA) yang membawa varian itu ke Indonesia sudah meninggal dunia.

"Benar (WNA yang membawa Corona mutasi Afrika Selatan sudah meninggal)," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada detikcom, Selasa (4/5/2021).

Nadia mengungkapkan, WNA tersebut sudah meninggal pada Januari 2021. Dia juga menjelaskan, kasus virus Corona mutasi Afrika Selatan itu ditemukan pada Januari lalu.

"Karena ini spesimen bulan Januari. (Meninggal) di Januari," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa kasus Corona mutasi India telah ada 2 di DKI Jakarta. Selain itu, ada 1 kasus Corona mutasi Afrika Selatan di Bali. Sementara total kasus Corona mutasi Inggris ada 13 di Indonesia.

"Kewajiban kita untuk hati-hati tadi juga sudah dilaporkan ke Presiden karena sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu mutasi dari India ada 2 insiden yang sudah kita lihat, dua-duanya di Jakarta dan 1 insiden mutasi dari Afrika Selatan yang masuk itu ada di Bali," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/5).

"Selain mutasi dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, sudah ada 2 mutasi dari India masuk dan 1 mutasi dari Afrika Selatan," lanjut Budi.

(mae/imk)