Penumpang KRL di Palmerah-Karet Naik, Tanah Abang Kini Layani Transit

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 08:41 WIB
Suasana Stasiun Tanah Abang.
Stasiun Tanah Abang (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta -

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menutup stasiun Tanah Abang selama 4 jam imbas kerumunan yang terjadi di Tanah Abang beberapa waktu lalu. Akibat kebijakan ini, stasiun alternatif di sekitar Tanah Abang pun mengalami kenaikan jumlah penumpang.

Stasiun Tanah Abang sendiri ditutup mulai pukul 15.00 WIB sampai 19.00 WIB setiap harinya untuk sementara waktu. KRL baru bisa menurunkan penumpang di Stasiun Tanah Abang setelah pukul 19.00 WIB.

VP Corporate Secretary KCI, Anne Purba, menjelaskan penutupan Stasiun Tanah Abang di sore hari ternyata berimbas pada meningkatnya jumlah penumpang di stasiun lainnya. Anne menyebut semua stasiun di seluruh DKI bertambah 7 persen hingga total 455.627 orang.

"Jumlah pengguna KRL di seluruh stasiun mencapai 455.627 orang atau bertambah sekitar 7% dibanding Senin (26/4) pekan lalu di waktu yang sama, yaitu 423.623 orang," kata Anne dalam keterangannya, Selasa (4/5/2021).

Sejumlah stasiun yang dilaporkan mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni Stasiun Palmerah dan Stasiun Karet. Anne menyebut Stasiun Palmerah naik hingga 49 persen, sedangkan Stasiun Karet naik hingga 73 persen dibanding pekan lalu di hari yang sama.

"Sebagai salah satu stasiun alternatif, kondisi Stasiun Palmerah tampak ramai. Tercatat jumlah pengguna di Stasiun Palmerah mencapai 12.464 orang atau bertambah 49% dibanding waktu yang sama Senin (26/4) pekan lalu di waktu yang sama, yaitu 8.333 orang. Stasiun alternatif lainnya, yaitu Karet, juga mencatat kenaikan jumlah pengguna hingga 73% dibanding Senin pekan lalu pada waktu yang sama," ujar Anne.

Atas dasar itulah, per hari ini pengguna KRL dari stasiun lainnya bisa transit atau berganti kereta di Stasiun Tanah Abang. Meski demikian, Anne memastikan penumpang tetap tidak bisa keluar dari Stasiun Tanah Abang.

"Berdasarkan evaluasi terhadap pelaksanaan penyesuaian layanan di hari pertama ini, maka mulai Selasa (4/5) pengguna KRL akan diizinkan transit atau berganti kereta di Stasiun Tanah Abang. Meskipun demikian, Stasiun Tanah Abang tetap tidak melayani pengguna yang hendak keluar maupun masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00 WIB," ungkap Anne.

Tak hanya itu, Anne menyebut pihaknya juga berupaya menambah rangkaian KRL di Stasiun Palmerah untuk mengantisipasi penutupan Stasiun Tanah Abang. Tambahan kuota rangkaian, kata dia, diambil dari Stasiun Tanah Abang.

"Sebagai dampak ditutupnya Stasiun Tanah Abang, kuota pengguna yang dapat naik ke setiap rangkaian KRL dari Stasiun Palmerah juga bertambah. Tambahan kuota diambil dari Stasiun Tanah Abang yang sementara tidak melayani pengguna," tuturnya.

Simak video 'Stasiun Tanah Abang Tutup Jam 3 Sore, Penumpang Dialihkan Naik Bus Gratis':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)