Jangan Abai Prokes! Mutasi Corona dari India Diprediksi Melonjak di RI

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 08:32 WIB

Pandu menekankan pembatasan orang masuk ke RI masih perlu dilakukan. Dia juga mencontohkan terjadi lonjakan kasus Corona di Thailand.

"Membatasi kedatangan tetap, bukan membatasi, tetapi semua orang yang datang dari luar negeri semuanya masuk karantina, nggak ada diskriminasi, mau warga negara Indonesia, warga negara asing sama aja. Kayak B117 kan juga banyak di Thailand, di Thailand juga terjadi outbreak sekarang, terjadi peningkatan kasus," jelasnya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sebelumnya menyampaikan kasus Corona mutasi asal India telah ada di DKI Jakarta. Ada satu kasus Corona mutasi Afrika Selatan di Bali. Sementara total kasus Corona mutasi Inggris telah berjumlah 13 kasus.

"Kewajiban kita untuk hati-hati tadi juga sudah dilaporkan ke Presiden karena sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu mutasi dari India ada dua insiden yang sudah kita lihat, dua-duanya di Jakarta dan satu insiden mutasi dari Afrika Selatan yang masuk itu ada di Bali," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/5).

"Selain mutasi dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, sudah ada dua mutasi dari India masuk dan satu mutasi dari Afrika Selatan," lanjut Budi.

Halaman

(lir/haf)