Lewat Podcast, Jokowi Dinilai Sedang Mengajar Nadiem Makarim

Eva Safitri - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 18:26 WIB
Podcast Presiden Jokowi dan Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim
Podcast Jokowi dan Nadiem (Foto: Screenshot YouTube Sekretariat Presiden).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat podcast bareng Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim pada momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kemarin. Lewat podcast itu, Jokowi dinilai ingin menunjukkan kepada Nadiem pentingnya komunikasi publik.

"Satu, Pak Jokowi menurut saya ya, Pak Jokowi ingin Nadiem lebih banyak melakukan komunikasi publik terhadap kebijakan-kebijakan yang dilakukannya (Nadiem)," kata pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, kepada wartawan, Senin (3/5/2021).

Hensat menilai Jokowi memahami keinginan publik agar Nadiem lebih transparan dalam membuat kebijakan pendidikan.

"Karena memang saya yakin, Pak Jokowi juga memahami ada ketidaksetujuan, ada keinginan lebih dari masyarakat pendidikan di Indonesia yang menginginkan Pak Nadiem lebih transparan terhadap kebijakan-kebijakannya," ujarnya.

Hensat juga menilai lewat podcast itu, Jokowi ingin menunjukkan kalau pemilihan Nadiem menduduki posisi Mendikbud-Ristek sudah tepat. Hal itu sekaligus menepis adanya persepsi kalau Nadiem dipilih kembali karena ada dukungan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Maksud dari Pak Jokowi itu adalah Pak Jokowi ingin mengkomunikasikan kepada publik bahwa pilihan dia untuk tetap menugaskan Nadiem Makarim berada di posisi Mendikbud plus Ristek adalah tepat dan tidak ada sangkut pautnya dengan kunjungan Nadiem ke Ibu Mega. Jadi artinya dia ingin menjaga bahwa keputusan dia adalah keputusan independen profesional berdasarkan evaluasi serta keinginan Pak Jokowi membuat pendidikan lebih baik," ujarnya.

Lebih lanjut Hensat mengatakan ada pesan yang dititipkan Jokowi ke Nadiem. Jokowi, kata Hensat, sangat menginginkan Nadiem untuk bekerja lebih baik dan tidak merusak kepercayaan yang telah diberikan.

"Ketiga menurut saya ada beban yang dititipkan ke Pak Nadiem ke Pak Jokowi bahwa Pak Jokowi memperhatikan betul apa yang dilakukan mas Nadiem ke depan dan bukan tidak mungkin artinya Pak Jokowi juga belum sepenuhnya mempercayakan pendidikan dan kebudayaan serta ristek ke Pak Nadiem, mungkin kalo ada reshuffle ke depan lagi, Mas Nadiem bisa saja di-reshuffle," ujarnya.

"Artinya Pak Jokowi ingin memastikan ke mas Nadiem bahwa tolong bekerja dengan baik, jaga kepercayaan saya dengan baik, tolong puaskan masyarakat pendidikan di Indonesia," tutur Nadiem.

Simak video 'Podcast Bareng Jokowi, Nadiem Tanya Makna Hardiknas 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)