Pengurus Masjid Bekasi Usir Jemaah Bermasker, DMI Sesalkan Pemahaman Kaku

Zunita Putri - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 11:55 WIB
Sekjen DMI Imam Addaruqutni. (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Sekjen DMI Imam Addaruqutni (Dwi Andayani/detikcom)

Agus menerangkan, kejadian itu bermula ketika sekitar pukul 14.00 WIB, pada 27 April 2021, ketika korban bersama keluarganya hendak salat Zuhur. Namun pengurus masjid melarang menggunakan masker saat berada di dalam masjid.

Dalam mediasi itu, korban meminta pengurus masjid tidak lagi bersikap melarang penggunaan masker. Menurutnya, yang dilakukannya hanya ingin menerapkan protokol kesehatan.

Setelah melakukan mediasi, polisi kemudian memberikan teguran kepada pengurus masjid. Menurutnya, di masa pandemi COVID-19, setiap orang harus menggunakan masker.

Respons DKM Masjid Al Amanah

Sementara itu, Abdul Rahman mengaku telah membuat aturan larangan penggunaan masker di dalam masjid. Dia menganggap masjid terlindung dari sebaran virus Corona.

"Saya memang menerapkan peraturan larangan masker di masjid karena tidak mau menyamakan masjid dengan pasar dan saya yakin bahwa Allah SWT melindungi kita semua yang berada di dalam masjid. Ke depannya saya tidak akan melarang lagi penggunaan masker di dalam masjid karena merupakan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19," kata Abdul Rahman sebagaimana dalam keterangan tertulis kapolsek.

Berikut ini kesimpulan hasil media yang dilakukan polisi:
1. Sepakat untuk menyelesaikan permasalahan secara damai dan musyawarah.
2. Pihak DKM tidak akan melakukan pelarangan lagi dalam penggunaan masker di Masjid Al Amanah.
3. Dibuatkan surat kesepakatan bersama yang ditandatangani kedua belah pihak.


(zap/fjp)